Lihat ke Halaman Asli

Ketahanan Nasional untuk Bangsa Indonesia

Diperbarui: 18 Desember 2022   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PEMBAHASAN

Ketahanan nasional adalah tekat, keuletan, dan daya tahan suatu negara yang mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala bentuk ancaman,gangguan,hambatan baik dari dalam negeri ataupun luar negeri, secara langsung ataupun tidak langsung yang dapat membahayakan berlangsungnya hidup suatu negara. Dengan adanya ketahan  nasional ini dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dalam menghadapi berbagai permasalahan mulai dari krisis ekonomi, sabotase, kemiskinan, dan masih banyak lagi. Ketahanan nasional juga diperlukan dalam menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintahan, seperti halnya terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial, terlaksanakannya pertahanan dan keamanan, terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan bangsa, serta tegaknya hukum dan ketertiban.
Dalam ketahanan nasional Indonesia, negara Indonesia memiliki berbagai landasasan yang menjadi penangkal segala bentuk ancaman, gangguan dan hambatan.
Landasan bangsa Indonesia
1. Pancasila landasan idiil, pancasila merupakan ideologi negara yang memuat nilai nilai etika dan moral dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
2. UUD 1845 landasan konstitusional, undang undang dasar 1945 adalah sumber dari segala sumber hukum.
3. Landasan visioner, wawasan nusantara yang menjadi cara pandang bangsa Indonesia tentang satu kesatuan yang utuh.
Nilai nilai ketahanan nasional.
~ mandiri
Percaya akan tekad dan kemampuan diri sendiri serta keuletan dan ketangguhan yang memegang prinsip tidak mudah menyerah dan putus asa.
~ dinamis
Ketahanan nasional yang dapat meningkatkan ataupun menurun, tergantung pada kondisi dan situasi negara.
~ wibawa
Guna meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsa perlu adanya keberhasilan pembinaan ketahanan nasional indonesia. Semakin tingginya tingkat ketahanan nasional di Indonesia, maka semakin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
~konsultasi dan kerjasama.
Ketahanan nasional lebih mengutamakan sikap konsultatif, kerjasama serta saling menghargai tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan mementingkan diri sendiri.
Perwujudan ketahanan nasional
Perwujudan ketahanan nasional yang dikembangkan bangsa Indonesia diantaranya yaitu:
~ketahanan ideologi
~ketahanan politik
~ketahanan ekonomi
~ketahanan sosial budaya
~ketahanan pertahanan dan keamanan
Unsur unsur ketahanan nasional
~konsepsi
~pedoman
~kesejahteraan
~keamanan


KESIMPULAN
Negara Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam  suku dan bangsa, rasa dan budaya, bahasa dan ciri khas masing masing, dan terdiri dari banyak pulau-pulau dan lautan yang luas. kita sebagai warga negara harus mempertahankan daerah kita dari ganguan bangsa atau negara lain, maka sebagai warga Indonesia kita harus memperkuat ketahanan nasional kita. Ketahanan nasional merupakan cara paling ampuh, karena mencakup banyak landasan seperti : Pancasila sebagai landasan ideal, UUD 1945 sebagai landasan konstitusional dan Wawasan Nusantara sebagai landasan visional.
Ketahanan Nasional indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indnonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi. Ketahanan nasional berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala macam tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam dan untuk menjamin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan Negara, serta perjuangan mencapai tujuan nasional.
SARAN
Dari pembahasan yang saya simpulkan di atas, saya memberikan saran kepada semua pihak, khususnya para generasi Indonesia untuk lebih meningkatkan rasa nasionalisme kesatuan dan persatuan terhadap bangsa indonesia agar tercapai kehidupan yang aman, nyaman, dan tentram.Karena kita sebagai bangsa indonesia dan sebagai penerus perjuangan harus  menjaga nama baik negara kita tercinta ini. Dan kita harus memiliki sikap nasinalisme yang mampu menjaga ketahaanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak hanya dari pihak generasi penerus saja, dari pihak pemerintah juga perlu memberikan perhatian nya kepada rakyat yang membutuhkan haknya sebagai warga negara.

Daftar Pustaka
Kusrahmadi, Sigit Dwi. "Ketahanan Nasional." Materi MKU UPT (2006).
Armawi, Armaidy, and Darto Wahidin. "Ketahanan nasional dan bela negara." Majalah Wira: Edisi Khusus Bela Negara (2018): 6-11.
Sari, Aisyah Purnama. "Ketahanan Nasional."
 detik.com https://www.detik.com ... Berita
Pengertian Ketahanan Nasional Adalah: Fungsi, Contoh, dan Cara ...
osf.io https://osf.io downloadPDF BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Latar belakang Keahanan ...
Hasoloan J. 2016. Pancasila Dan Kewarganegaraan.Yogyakarta: Deepublish. Made Desak Y. 2021. Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Malang : Literasi nusantara




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline