Lihat ke Halaman Asli

Siti Adelia Quraniah

Student of Paramadina Graduate School of Communication

Kegiatan Pemasaran di Indonesia pada Era Digital 4.0

Diperbarui: 17 April 2023   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: https://pixelplex.io/wp-content/uploads/2021/01/what-is-artificial-intelligence-in-marketing-main-1600.jpg

Saat ini perkembangan teknologi sudah tidak dapat dipungkiri lagi, hal ini tentu saja memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, berkembangnya teknologi yang begitu pesat juga memberikan banyak kontribusi serta perubahan perilaku masyarakat, sehingga tidak dapat dipungkiri saat ini kegiatan dan aktivitas sosial lebih banyak dilakukan dalam bentuk virtual.

Perubahan - perubahan yang disebabkan oleh teknologi digital ini disebut juga dengan era disruptif, dimana adanya banyak perubahan tatanan masyarakat yang disebabkan oleh perkembangan digital. Penggunaan teknologi digital tidak terlepas dengan jaringan internet. 

Dikutip dari WeAreSocial (2023), saat ini pengguna jaringan internet di Indonesia adalah 212.9 juta pengguna dengan perbandingan populasi sebanyak 276.4 juta orang. Data tersebut menyimpulkan bahwa 77% masyarakat Indonesia telah melakukan akses pada jaringan internet.

Perkembangan teknologi digital saat ini yang begitu masif mengantarkan Indonesia memasuki revolusi industri 4.0 atau sering juga disebut dengan era digital 4.0, keadaan ini menyebabkan terjadinya keadaan disrupsi di berbagai sektor kehidupan termasuk pada sektor periklanan atau marketing. Mengutip dari Forbes, revolusi industri generasi keempat bisa diartikan sebagai adanya ikut campur sebuah sistem cerdas dan otomasi dalam industri. 

Hal ini digerakkan oleh data melalui teknologi machine learning dan AI. Singkatnya, saat ini jaringan komputer tiap individu secara tidak langsung dibiarkan untuk terhubung dan berkomunikasi dengan maksud untuk mengumpulkan data yang kemudian akan dikelola dan dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan.

Penerapan digital 4.0 dalam kehidupan sehari-hari dapat dengan mudah terlihat, dimana saat ini membagi data ke dunia maya berupa foto, video, tulisan dapat dengan mudah dilakukan. 

Data - data yang telah diunggah ini akan tersimpan di sebuah bank data yang kemudian akan dikelola oleh artificial intelligence (AI) menjadi sebuah algoritma. AI adalah kecerdasan buatan yang saat ini sedang gencar dikembangkan dan digunakan untuk memudahkan banyak sekali pekerjaan manusia. 

Dalam dunia marketing, algoritma yang yang telah dikelola oleh artificial intelligence (AI) akan diterjemahkan dan kemudian digunakan untuk membaca tren pasar dan minat beli konsumen. Jika hal ini dimanfaatkan dengan baik akan membantu untuk mencapai target perusahaan.

Dalam dunia marketing, penggunaan artificial intelligence (AI) erat kaitannya dengan machine learning, yaitu penggunaan algoritma yang mampu menganalisis perilaku seseorang melalui perilaku mereka dalam kehidupan sehari - hari. 

Disimpulkan dari Mac Sources, seorang marketer dapat menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning untuk meningkatkan efektivitas kegiatan marketing, diantaranya adalah:

  • Perancangan pesan marketing yang dipersonalisasi,
    Dengan pemanfaatan AI dan machine learning, akan membantu perusahaan untuk menyampaikan pesan marketing yang dapat disesuaikan oleh masing - masing ketertarikan individu, karena data yang dikumpulkan merupakan histori dan kebiasaan yang dikumpulkan dan dianalisis.
  • Automasi Marketing,
    Tidak berbeda dengan namanya, kegiatan otomatisasi marketing ini merupakan pemanfaatan AI dalam mengotomatisasikan semua kegiatan marketing.
  • Mempersingkat proses segmentasi data,
    Pemanfaatan AI dan machine learning juga dapat membantu proses segmentasi data melalui fitur seperti chatbot, autoreply, dan sebagainya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline