Lihat ke Halaman Asli

Jadikan Pancasila sebagai Pedoman

Diperbarui: 9 November 2021   11:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kita tahu bahwa Negara Indonesia adalah Negara yang merdeka, dan Ideologi Negaranya ialah Pancasila. Saat ini banyak masyarakat yang dari butir-butir nilai pancasila tidak dilaksanakan lagi, khususnya dengan menengakkan keadilan.

Dengan menegakkan keadilan ini negara kita bisa menjadi negara yang aman dan damai. Banyak dari kalangan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, tidak lagi menghiraukan adanya untuk menegakkan keadilan. 

Korupsi pada saat ini semakin merajalela, hampir semua dari masyarakat melakukan tindakan seperti itu, baik dari skala kecil sampai skala besar. Akibat melakukan korupsi bisa merugikan orang lain terutama diri sendiri. Karena tindakan ini sangat melenceng dari pengamalan sila-sila dalam pancasila terutama sila ke lima.

Jika saja para koruptor tau, bahwa melakukan korupsi ini perbuatan yang melanggar hukum, merugikan orang lain, dan jelas perbuatan yang berdosa. Karena tidak amanah, tetapi mengapa mereka tetap melakukan korupsi? 

Karena di dalam hati mereka tidak percaya akan adanya tuhan, mereka tidak percaya akan adanya akhirat, dan mereka tidak meyakini bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara. Maka, pemerintah harus bertindak lebih lanjut supaya korupsi saat ini tidak memesat lagi. Dan dengan berpegang teguh dalam menerapkan sila ke 5 yaitu menegakkan suatu keadilan. Jika korupsi ini tidak dilanjuti, maka akan sangat bahaya bagi masyarakat itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline