Lihat ke Halaman Asli

Siti Sundari

Guru Matematika, Pengajar Praktik ( PP) PGP Angkatan 5 dan PP Angkatan 9

Konsep Coaching

Diperbarui: 9 Juni 2024   07:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi:ig/sitisundarithea

Coaching adalah hubungan kerja dengan klien untuk membantu mereka mencapai potensi pribadi dan profesional melalui diskusi yang inovatif.

Dalam perspektif pendidikan, coaching adalah proses "menuntun" siswa untuk memanfaatkan kekuatan alami mereka sebagai seorang "pamong". Untuk memberikan kekuatan kodrat anak-anak, guru dapat memberikan "tuntunan" melalui pertanyaan yang bijak dan efektif.

Pentingnya proses coaching:

1. proses untuk mendorong otak murid untuk bekerja.

2. Pertanyaan reflektif dapat mendorong siswa untuk menggunakan metakognisi.

3. Pertanyaan yang diajukan selama proses coaching juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan mendalam, yang membantu mereka menunjukkan potensi mereka.

Perbedaan Coaching-Mentoring- Konseling

Tujuan Coaching, menunjuk pelatih untuk menemukan ide baru atau cara untuk mengatasi tantangan atau mencapai tujuan.

Hubungan dalam Coaching, kemitraan yang setara dan instruksi sendiri yang mengambil keputusan; instruksi hanya memberikan arahan, dan instruksi sendiri yang membuat keputusan.

Tujuan Mentoring, mengkomunikasikan pengalamannya untuk membantu mentee berkembang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline