Lihat ke Halaman Asli

Siti Sundari

Guru Matematika, Pengajar Praktik ( PP) PGP Angkatan 5 dan PP Angkatan 9

Masjid Haram

Diperbarui: 2 Juni 2024   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi:ig/sitisundarithea

Masjid Haram (masjid yang dihormati atau dimuliakan)

masjid yang ada di kota Mekkah, merupakan bangunan yang mengelilingi Ka'bah (yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Salat). Masjid ini merupakan masjid tertua di dunia dan juga merupakan salah satu tujuan utama dalam ibadah haji.

Bangunan Masjid Haram pada masa Rasulullah saw. sampai masa Abu Bakar as-Shiddiq tidak seluas karang. Baru diperluas dan diberi dinding pada masa pemerintahan 'Umar ibn al-Khaththab dan Usman ibn 'Affan.

Tahta kerajaan Arab Saudi jatuh ke tangan Salman bin Abdul Aziz, setelah raja Abdullah wafat, sekitar bulan juni 2015 lalu, raja Salaman meluncurkan proyek pelebaran Masjidil Haram agar dapat menampung lebih dari 1,6 juta jamaah. Disamping pembangunan Masjid, juga dibangun terowongan, gedung-gedung tempat tinggal jamaah haji, serta jalan lingkar.

Berkaitan dengan Masjid Haram, Nabi pernah bersabda: "Janganlah memberatkan untuk mengadakan perjalanan kecuali ke tiga mesjid; Masjid Haram, Masjidku (Masjid Nabawi di Madinah), dan Masjid Aqsha. Shalat di Masjid Haram lebih utama dari seratus ribu kali shalat di Masjid lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjid Aqsha".(H.R.Ad-Darimi, An-Nasa',i, dan Ahmad).

Di dalam masjid Haram terdapat :Ka'bah, Maqam Ibrahim, Sumur Zam-zam, dan Hajaraswad.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline