Lihat ke Halaman Asli

Wayang Golek - GiriHarja 3

Diperbarui: 15 November 2022   22:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kunjungan mahasiswa inbound Universitas Pendidikan Indonesia pada Kampung Seni dan Budaya Jelekong, Wayang golek Giriharja terletak di desa Jelekong kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat.

Kelompok Giriharja dari Kabupaten Bandung Jawa Barat. yang terkenal dengan GiriHarja 3 (tiga) dengan dalang nya ki dalang Asep Sunandar Sunarya, putra dari ki dalang abah Sunarya yang merupakan pendiri dari GiriHarja. Kelompok Giriharja juga merupakan salah satu kelompok yang melestarikan kebudayaan warisan nenek moyang.

Dokpri

perkembangan wayang golek sendiri erat kaitan nya dengan perkembangan padepokan Giriharja, karena bisa disebutkan padepokan Giriharja merupakan pelopor dalam pertunjukan wayang golek.

Dokpri

Seni pertunjukan wayang golek Giriharja sendiri telah berhasil menjadikan seni pertunjukan wayang sebagai alat komunikasi yang dapat dipahami oleh komunikan atau penonton dengan latar belakang kebudayaan atau masyarakat yang berbeda dan juga seni Giriharja tetap melestarikan dan mengembangkan seni pertunjukan wayang golek di era modern ini tanpa harus mengesampingkan nilai nilai asli dari pertunjukan wayang golek itu sendiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline