Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Vihara Vipassana Graha Lembang

Diperbarui: 17 Oktober 2022   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok pribadi

Kerukunan hidup umat beragama merupakan suatu sarana yang penting dalam menjamin integrasi nasional, sekaligus merupakan kebutuhan dalam rangka menciptakan stabilitas yang diperlukan bagi proses pencapaian masyarakat Indonesia yang bersatu dan damai. Kerjasama yang rukun dapat terjadi apabila diantara para pemeluk agama merasa saling membutuhkan, saling menghargai perbedaan, saling tolong menolong, saling membantu dan mampu menyatukan pendapat atau istilah lainnya memiliki sikap toleransi.
Toleransi dalam pergaulan antar umat beragama berpangkal dari penghayatan ajaran agama masing-masing. Demi memelihara kerukunan beragama sikap toleransi harus dijaga dan dipahami.

Dok pribadi

Dok pribadi

Tepat pada tanggal 15 Oktober 2022 Para Mahasiswa Inbound Universitas Pendidikan Indonesia kembali melakukan kegiatan Modul Nusantara yaitu kunjungan Vihara Vipassana Graha Di bimbing oleh Dosen-Dosen Modul Nusantara dan Para Mentor.Vihara Vipassana Graha adalah sebuah wihara Buddha Theravada yang terletak di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Vipassana Graha Merupakan pusat meditasi dan bahkan sering dikatakan sebagai "Vihara" yang paling besar di Kota Bandung. Dengan luas sekitar 2 hektar tanah dengan gaya bangunan yang sangat khas, unik dan menarik serta taman yang indah, tanpa disadari banyak orang bahwa pusat Meditasi Vipassana Graha ini membangun tradisi candi yang sekarang tidak ada lagi orang yang membangunnya. Pusat meditasi ini juga menyimpan relik suci Buddha Gaotama dan para muridnya 2500 tahun lalu. selain itu juga, setiap bagian bangunan dari kompleks memiliki arti serta nilai edukasi dan nilai luhur.

Dok pribadi

Pada Kunjungan Tersebut Para Mahasiswa diberi kesempatan bertanya kepada Biksu dan di beri kesempatan berkeliling di sekitar Vihara, Dari kegiatan tersebut mencerminkan betapa tingginya sikap toleransi beragama, toleransi yang mencakup masalah-masalah keyakinan pada diri manusia yang berhubungan dengan akidah atau yang berhubungan dengan ke-Tuhanan yang diyakininya. Seseorang harus diberikan kebebasan untuk menyakini dan memeluk agama masing- masing yang dipilih serta memberikan penghormatan atas pelaksanaan ajaran-ajaran yang dianut atau yang diyakininya.

Dok pribadi

toleransi antar umat beragama berarti suatu sikap manusia sebagai umat yang beragama dan mempunyai keyakinan, untuk menghormati dan menghargai manusia yang beragama lain. Dalam masyarakat berdasarkan pancasila terutama sila pertama, bertakwa kepada tuhan menurut agama dan kepercayaan masing-masing adalah mutlak. Semua agama menghargai manusia maka dari itu semua umat beragama juga wajib untuk saling menghargai. Dengan demikian antar umat beragama yang berlainan akan terbina kerukunan hidup.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline