Lihat ke Halaman Asli

siti rokanhasibuan

apapun yang kamu tuju pastikan tujuan akhirnya Allah

Membangun Peradaban Bangsa Harus Berdasarkan Pancasila

Diperbarui: 3 November 2021   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Taraf pembangunan dan ketahanan Nasional diberbagai gatra tersebut bisa diukur berdasarkan imperatif Pancasila dalam ranah mental - karakter instutional - politik serta material tekhnologial . 

Dengan demikian pancasila manjadi landasan ideologi kerja yang dapat memberikan panduan dan haluan yang memudahkan rumusan perioritas pembangunan., pencanangan program kerja , serta memperkuat ketahanan nasional dalam mewujudkan cic - cita bangsa . peradaban Indonesia sebagai puncak perkembanagn kebudayaan nasional merupakan kerangka operasional dalam membangun tiga ranah kehidupan bangsa , pertama ranah mental spiritual ( tata nilai ) yang menegaskan pentingnya pengakuan visi spiritual peradaban dan menjaga terpeliharanya etos , etika , dan mindset sebagai jiwa budaya peradaban. 

Kedua ranah instutional - politik ( tata kelola ) yang mengamanatkan pentingnya pengelolaan manajerial pemerintah dan kepepatan desian pelembagaan institusi Negara, agar tidak salah urus dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Ketiga ranah material tekhnologi ( tata sejarah ) yang menempatkan keadilan material dan kesejahteraan umum sebagai landasan fundamental dalam membangun ketahanan dan kebajikan sosial .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline