Lihat ke Halaman Asli

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Ranah Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Diperbarui: 17 November 2022   16:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

A. Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Identifikasi masalah berdasarkan hasil observasi adalah sebagai berikut ;

Dari sisi siswa:

  • Rendahnya motivasi belajar siswa ketika dipaparkan dengan materi berbicara menggunakan Bahasa Inggris.
  • Rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara berbahasa inggris.
  • Siswa kurang percaya diri dan takut salah dalam berbicara bahasa inggris.

Dari sisi guru:

  • Guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran speaking yang inovatif.
  • Guru kurang kreatif dalam membuat media pembelajaran speaking yang inovatif

Dari sisi sekolah:

  • Kendala minimnya sarpras.
  • Tidak ada pendanaan yang cukup untuk pengadaan media belajar.

Pembelajaran dengan Model PBL ini dirasa penting untuk dibagikan karena;

Dengan model pembelajaran ini, siswa bisa berkolaborasi dengan guru juga dengan sesama siswa, dan siswa dibawa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapinya sehingga guru tidak lagi menjadi yang dominan didalam kelas. Keakftifan siswa juga meningkat karena mereka diajak aktif dalam mengemukakan pendapatnya dalam forum diskusi. Dengan cara ini, materi pembelajaran bisa lebih cepat dikuasai siswa karena pemecahan masalah pembelajaran dilakukan sendiri oleh mereka sehingga materi inti lebih mudah untuk diingat.

  • Walaupun permasalahan yang muncul disetiap sekolah itu berbeda-beda dan juga memerlukan penanganan atau solusi yang berbeda pula, namun dengan berbagi pengalaman praktek pembelajaran diharapkan bisa menjadi bagian dari alternatif solusi bagi yang lainnya seandainya mengalami permasalahan serupa.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktek pembelajaran ini adalah:

  • Saya sebagai guru bertanggung jawab untuk melaksanakan pembelajaran dengan Model PBL ini sesuai dengan syntax-syntaxnya dan membimbing serta memfasilitasi siswa untuk  aktif dalam melaksanakan pembelajaran
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline