Tulisan ini saya buat sebagai refleksi diri pada Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 9 Kabupaten Cirebon-Jawa Barat yang sedang saya ikuti dengan menggunakan metode penulisan refleksi 4P (Peristiwa, Pembelajaran, Perasaan dan Penerapan yang akan datang).Alhamdulillah sudah sampai dipembelajaran mengenai nilai dan peran guru penggerak pada modul 1.2, pada modul ini ada beberapa peristiwa penting dan mencerahkan bagi saya.Peristiwa pentingnya yaitu ketika saya mengetahui dan memahami mengenai nilai-nilai seorang guru penggerak seperti:
Berpihak pada murid
Mandiri
Kolaboratif
Inovatif dan
Reflektif
Kelima nilai guru penggerak tersebut benar-benar baru saya sadari dan pahami bahwa ternyata seorang guru penggerak harus mampu memiliki kelima nilai tersebut serta harus mampu pula mengenali kekuatan nilai yang sudah dimilikinya yang kemudian bisa diaplikasikan ke dalam proses pembelajaran yang dilakukannya.Dengan memiliki nilai-nilai guru penggerak maka proses kegiatan belajar yang dilakukan bisa lebih bermakna untuk murid-murid sehingga mampu mengimplementasikan filosofi-filosofi dari pemikiran KHD dimana tugas seorang pendidik salah satunya adalah mampu menuntun murid-murid untuk menemukan kemerdekaan belajarnya agar murid-murid bisa mendapatkan kebahagiaan yang setinggi-tingginya dan keselamatan bagi dirinya.Saya banyak mendapatkan pengetahuan dan sharing praktik-praktik baik ketika berdiskusi bersama Instruktur, Fasilitator dan rekan-rekan CGP lainnya melalui ruang kolaborasi secara virtual.
Dan juga hal penting lainnya yaitu mengenai peran guru penggerak seperti:
Pemimpin pembelajaran
Menggerakkan komunitas praktisi
Menjadi coach bagi guru lain