Lihat ke Halaman Asli

Siti Wulandari

IAIN KUDUS

KKN IKMB IAIN Kudus 2023 Kelompok 106 Melaksanakan PKM Dengan Tema Mewujudkan Integritas Pembelajaran Agama Pada Pembelajaran Matematika dan Biologi

Diperbarui: 16 September 2023   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Todanan, Blora, 15 September 2023 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus Posko 106 menggelar sebuah inisiatif pendidikan yang inovatif di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Bustanul Ulum, Kedungwungu, Todanan, Blora. Mereka melakukan integrasi pembelajaran agama pada pembelajaran matematika dan biologi dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama.
Kegiatan ini merupakan bagian dari program KKN yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang bertujuan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di wilayah tersebut. Integrasi pembelajaran agama pada mata pelajaran non-agama seperti matematika dan biologi merupakan salah satu cara yang dipilih oleh mahasiswa ini untuk memberikan dampak positif pada pendidikan anak-anak di MI Bustanul Ulum.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Siti Wulandari , menjelaskan, "Kami melihat bahwa integrasi pembelajaran agama pada mata pelajaran lain dapat membantu siswa memahami bahwa ilmu pengetahuan tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama. Sebaliknya, keduanya dapat saling melengkapi. Ini adalah pendekatan yang kami harapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada siswa."

Kegiatan integrasi ini dilakukan melalui berbagai metode, termasuk penggunaan contoh-contoh dalam matematika dan biologi yang relevan dengan nilai-nilai agama Islam. Mahasiswa juga mengadakan diskusi dan kegiatan kelompok yang bertujuan untuk memahamkan siswa tentang bagaimana konsep-konsep ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepala MI Bustanul Ulum, Ibu Siti Maskhufah, S.Pd, menyambut baik inisiatif ini dan mengatakan, "Kami sangat mengapresiasi kerja keras mahasiswa KKN IAIN Kudus Kelompok 106 dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di MI kami. Ini adalah langkah positif dalam mengembangkan pemahaman holistik siswa tentang ilmu pengetahuan dan agama."

Orang tua siswa di MI Bustanul Ulum juga sangat mendukung kegiatan ini dan melihat perubahan positif dalam pemahaman anak-anak mereka tentang hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan.

Kegiatan integrasi pembelajaran agama pada pembelajaran matematika dan biologi ini menjadi contoh inspiratif tentang bagaimana mahasiswa dapat berperan aktif dalam meningkatkan pendidikan dan memberikan dampak positif pada masyarakat. Semoga kegiatan semacam ini dapat menjadi model bagi inisiatif serupa di seluruh negeri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline