Lihat ke Halaman Asli

Siti Rahmatia

Content Writer

Strategi Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan Melalui AIDA

Diperbarui: 7 November 2023   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

LATAR BELAKANG

Saat Ini Iklan event-event shopee di youtube yang mempromosikan setiap event yang ada, contohnya pada saat event 10.10 sale yang dilaksanakan selama periode 12 September sampai 10 Oktober 2020 menginformasikan bahwa shopee menawarkan gratis ongkir extra, dapat cod, dan pada gambar 1.2 iklan yang menginformasikan saat event shopee 11.11 big sale yang diadakan pada tanggal 12 Oktober sampai 11November 2020 menawarkan pasti diskon 50%, cod gratis ongkir Rp 0, dan shopee pay Rp 1 deals. Shopee salah satu E-Commerce yang beriklan di youtube dikarenakan berfikir saat ini semua orang di Indonesia hidupnya sudah mobile jadi sebagian besar hidupnya lebih berada di handphone. Itulah sebabnya shopee mulai beriklan di youtube. Namun suatu iklan juga harus efektif agar tujuan dari perusahaan terpenuhi. Salah satu metode untuk mengukur efektivitas iklan adalah metode AIDA.

PEMBAHASAN

Aida marketing adalah sebuah konsep ketika pelanggan telah sadar akan suatu produk, ia kemudian melakukan pertimbangan hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Aida juga merupakan singkatan dari Attention, Interest, Desire, dan Action.

  • Attention (Perhatian) 

sebuah pesan yang dapat menarik perhatian baik dalam bentuk dan media yang disampaikan. perhatian itu ditujukkan kepada calon konsumen. Hal tersebut dapat diungkapkan melalui tulisan, gambar, dan vidio yang menarik dan mudah diingat.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan produk Anda kepada pelanggan adalah mencari attention atau perhatian. Anda bisa menggunakannya dengan berbagai macam cara. Salah satunya melalui media sosial.

Fungsikan Instagram sebagai sarana promosi. Sebab, sejauh ini, Instagram menjadi alat promosi yang baik dan berguna. Fitur yang ada di Instagram mampu memenuhi kepuasan batin pada pelanggan.

  • Interest (Minat)

pesan yang disampaikan menimbulkan perasaan ingin tahu, ingin mengamati, dan ingin mendengar serta melihat lebih seksama.

Ketika Anda telah mengenalkan produk ke pelanggan, selanjutnya adalah seberapa minat mereka untuk membeli produk Anda. Agar pelanggan menunjukkan minatnya, Anda perlu mengenalkan unique selling point produk. Sebab, itu bisa menjadi keunggulan produk yang tidak dimiliki kompetitor.

Setelah mengetahuinya, Anda hanya tinggal menunggu waktu. Lalu, pelanggan akan menghubungi Anda kemudian bertransaksi dengan Anda.

  • Desire (keinginan)

terjadinya pemikiran disebabkan oleh keinginan yang berkaitan dengan motif pembelian yaitu motif rasional dan motif emosional, dimana motif rasional terjadi ketika konsumen mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang didapatnya sedangkan motif emosinal terjadi akibat munculnya perasaan akan pembelian produk.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline