Banyak orang-orang yang masih belum faham apa itu SWOT? bagaimana cara menganalisis SWOT?
DIsini saya akan membantu kalian yang masih bingung apa itu Apa dan bagaimana analisis SWOT.
APA ITU SWOT?
SWOT adalah singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman).
Analisis SWOT Adalah suatu cara untuk mengatur kekuatan bisnis dalam menghadapi kelemahan dalam perjalanan bisnis dan mengetehui serta memanfaatkan sebuah peluang dalam perjalanan bisnis, serta mengetahui ancaman agar bisa menyajikan sebuah cara yang terorganisasi dan dapat di terapkan nantinya.
cara menerapkan Analisis SWOT ini harus mengetahui letak dimana SWOT biasanya di letakkan, adapun letaknya yaitu Internal (dalam) dan eksternal (luar).
Strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan) berada di internal karena yang bisa mendapatkan kekuatan dan kelemahan biasanya bisnisnya sendiri dari tim bisnis (karena yang menjalankan bisnis adalah tim kalian maka kekuatan kelemahan merekalah yag akan menentukan), lokasi atau tempat (jika lokasi atau tempat bisnis anda kurang strategis dan kurang diketahui orang biasanya sulit untuk mengembangkan bisnis).
Opportunities (peluang), dan threats (ancaman) berada di eksternal atau biasanya pengaruhnya dari luar karena usaha bisnis akan mengetahui peluang dan ancamannya dari faktor luar seperti pesaing bisnis, tren pasar, bahan baku dan harga pasaran .
jadi analisis SWOT ini sagatlah penting karena ketika sebuah perusahaan atau bisnis pintar memahami analisis SWOT otomatis mereka ka membuat cara atau strategi agar usaha mereka bisa sukses dengan mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang maupun ancaman, dengan begitu mereka bisa berhat-hati dan bisa menebak beberapa bulan kemudian pasar dan usahanya seperti apa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H