Dewasa ini, zaman mengalami perkembangan yang begitu cepat, sehingga perlu diadakannya penyesuaian atas apa yang telah ada terhadap perkembangan zaman tersebut, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Agar pendidikan dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman, dapat dilakukan melalui inovasi. Inovasi pendidikan sendiri ialah ide baru yang diciptakan untuk memecahkan suatu permasalahan pendidikan nasional yang dapat berupa barang ataupun metode pembelajaran dalam lembaga pendidikan.
Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Derap langkah pembangunan selalu diupayakan seirama dengan tuntutan zaman. Perkembangan zaman selalu memunculkan persoalan-persoalan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.Untuk menciptakan keunggulan kompetitif, setiap bangsa memerlukan inovasi yang cerdas dalam dunia pendidikan, sedangkan untuk menjadi bangsa yang berharkat mulia sebuah bangsa harus memerlukan keunggulan komparatif dan kompetitif. Jika bangsa Indonesia ingin menghasilkan berbagai keunggulan kompetitif dari outcome pendidikan, maka terobosan yang cerdas harus menjadi prioritas penting dalam pengembangan sistem pendidikan. Dengan melihat tantangan dan problematika pendidikan nasional yang begitu kompleks, maka perlu dicari solusi praktis agar bangsa ini mampu menghadapi fenomena ini secara efektif yaitu dengan mengubah paradigma yang selama ini kita gunakan terutama terkait dengan hakikat pendidikan.
Jika cara pandang pemerintah terhadap pendidikan tidak berubah, maka sistem dan praktis pendidikan tidak akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia, dan bahkan pendidikan tidak akan mampu memberdayakan masyarakat secara luas bersamaan dengan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Satu hal lagi yang harus diingat, pendidikan di era global ini sangat penting perannya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Kondisi ini semua menyebabkan pendidikan nasional hanya mampu menghasilkan orang-orang yang tidak mandiri, tidak kreatif, tidak memiliki selfawarnes, tidak mampu berkomunikasi secara baik dengan lingkungan fisik, sosial dan kultural dalam komunitas kehidupannya. Dalam aktivitas pendidikan inovasi harus dilaksanakan baik oleh kepala sekolah dan guru.
Seorang guru melakukan inovasi tentu dalam rangka untuk memulihkan pembelajaran dan kapasitas pencapaian target pembelajaran peserta didik. Meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri tidak semudah yang dipikirkan semua orang. Inovasi pendidikan tidak selalu berjalan lancar. Meski terdapat hambatan, masalah selalu ada solusi untuk dapat mengatasinya maka sebagai pertimbangan inovasi atau perbaikan pada pendidikan perlunya diketahui penyebab hambatan inovasi itu sendiri sehingga dapat meminimalisir menggunakan solusi. Inovasi sendiri diketahui adalah suatu perubahan yang baru berbeda dari keadaan yang ada sebelumnya.
Dalam penerapan inovasi pendidikan tentunya akan ada faktor penghambat baik dari internal maupun eksternal. Adanya hambatan dalam sebuah inovasi pendidikan tentu akan menjadi sebuah penghalang dalam keberhasilan penerapan inovasi tersebut. Maka untuk mengatasi penghambat keberhasilan inovasi pendidikan diperlukannya suatu solusi untuk dapat menyelesaikan hambatan tersebut.
Terdapat enam faktor penghambat yang mempengaruhi keberhasilan sebuah inovasi dalam pendidikan, yaitu
(1) perkiraan yang tidak tepat terhadap inovasi, hambatan ini bisa disebabkan oleh kurang tepatnya perencanaan atau pertimbangan dalam implementasi inovasi pendidikan
(2) konflik dan motivasi yang kurang sehat, hambatan ini muncul disebabkan oleh konflik yang terjadi dalam internal tim atau pertentangan pendapat antar anggota
(3) lemahnya berbagai faktor penunjang sehingga mengakibatkan tidak berkembangnya inovasi yang dihasilkan, hambatan ini bisa muncul karena adanya faktor dari eksternal seperti sistem pendidikan yang kurang sesuai atau dari para pemangku kebijakan
(4) financial yang tidak terpenuhi, hambatan ini bisa disebabkan dengan tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitar sehingga hal-hal yang dibutuhkan oleh tim yang melakukan inovasi tidak terpenuhi