Upaya KSM Tematik Universitas Islam Malang "Mewujudkan Pemasaran Berbasis Digital Serta Pemanfaatan Teknologi 4.0 Guna Memaksimalkan Harga Pasar" Desa Torongrejo Batu.
Penulis : Siti Nur Khofifah (21801081071)
(Mahasiswa Universitas Islam Malang )
Agenda yang berlangsung pada tanggal 13 Agustus 2021, pada minggu kedua . Yang terdiri dari Kelompok KSM 31,22,35 dan 29 .diantaranya Kelompok 31 Siti Nur Khofifah , Faradila Indy Khoirunisa, Venni Dwi Silfiani, Fani Ary Sandy, Dicky Bagus Prasetyo, dan Radha Maudyna R. Kelompok 22 Celina Ayunda Salsabilla, Miftakhul Jannah, Kelompok 35 Ahmad Khoirul Anam dan Kelompok 29 Zait Islach Al Aden . yang dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Ibu Dosen Ita Athia ,S,Sos.M.M (Kelompok 31), Kartika Rose Rachmadi,SE.,MM (Kelompok 22), Ratna Tri Hardaningtyas,SE.,MM (Kelompok 35) dan Dr.M.Ridwan Basalamah ,SE.,MM (Kelompok 29).
Acara Sosialisasi KSM-TEMATIK 2021 Universitas Islam Malang yang dilakukan oleh kelompok 31 di Desa Torongrejo , Kec Junrejo ,Kota Batu, dilaksanakan pada hari Jum'at (13/08/2021), dengan tetap memperhatikan dan mematuhi protocol kesehatan dengan menjaga jarak, dengan kapasitas 50% dan menggunakan masker guna memutuskan rantai penyebaran virus covid -19.
Sosialisasi KSM-TEMATIK 2021 ini dilaksanakan di SaungTani Desa Torongrejo ,Kec Junrejo , Kota Batu yang mendatangkan langsung pemateri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut yaitu Dr.M.Ridwan Basalamah SE.MM sebagai pemateri Marketing yang berkontribusi dalam mata kuliah Marketing dan Yusriel Ardian ,S,KOM.M.KOM sebagai pemateri Digital Marketing yang juga berkontribusi dalam mata kuliah Digital Marketing dan dihadiri langsung Oleh Sekertaris Desa Torongrejo, Perwakilan Kelompok Tani laki laki , dan Perwakilan Kelompok Tani perempuan serta perwakilan usaha UMKM Desa Torongrejo.
Acara Sosialisasi KSM-TEMATIK 2021 yang di pandu oleh saudari Celina Ayunda S sebagai MC, yang selanjutkan di serahkan kepada Siti Nur Khofifah sebagai Moderator untuk membantu berjalananya pemaparan materi acara sosialisasi , dalam acara sosialisasi tersebut Dr M.Ridwan Basalamah SE.MM sebagai pemateri pertama Marketing dan Yusriel Ardian ,S,KOM.M.KOM sebagai pemateri kedua Digital Marketing.
Dalam acara Sosialisasi tersebut, Bapak Dr.M.Ridwan Basalamah SE.MM sebagai pemateri pertama membahas Marketing beliau mengatakan" bahwa melalui inovasi nilai , perusahaan akan mampu menciptakan pasar" baru (new marketing) yang artinya menciptakan suatu lompatan jauh. Dimana sudah memasuki era 4.0 yang artinya sekarang teknologi semakin canggih dan semakin maju jadi kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin dan berusaha mengikuti teknologi agar tidak tertinggal dan dapat berkembang.
Jadi dengan beliau memberikan suatu gambaran trik marketing harga pasar oleh produk susu bear band yang kemasannya beruang dan iklanya naga tapi orang orang menyebutnya susu bear band tetapi nyatanya itu susu sapi dan itulah yang dinamakan trik marketing. Yang kemudian diterima dan dimengerti oleh para Audience. "Ujar salah satu audience.
Setelah pemaparan materi pertama selesai ,dilanjutkan dengan pemateri ke 2 oleh Bapak Yusriel Ardian ,S,KOM.M.KOM sebagai pemateri Digital Marketing yang sangat berhubungan dengan materi pertama . dalam pemaparan materi kedua beliau mengatakan" bahwa digital marketing ini sangat luas seperti kita lihat yang dijelaskan oleh bapak Ridwan Basalamah bahwa marketing sekarang itu sangat penting mengingat era 4.0 yang artinya semakin canggih dengan adanya teknologi yang diharapkan kita bisa dan mampu mengkuti, untuk memanfaatkan dengan sebaik mungkin. beliau juga mengatakan dalam digital marketing merupakan salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan.
Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa mengglobal atau mendunia. Masyarakat saat ini sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvensional/tradisional dan beralih ke pemasaran modern yaitu digital marketing. Pemasaran berbasis digital (digital marketing) adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana, misalnya menggunakan jejaring sosial.