Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM pada Wedding Oranizer di Kota Bandung

Diperbarui: 12 Juli 2024   19:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah (SAK EMKM) meupakan standar akuntansi yang sangat sederhana dan mudah dimengerti bila dibandingkan dengan standar akuntansi keuangan tanpa akuntabilitas publik (SAK ETAP). SAK EMKM ditunjukan untuk digunakan oeh entitas yang tidak memenuhi syarat untuk penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. dengan dikeluarkannya SAK EMKM, peserta UMKM harus mampu menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku, sehingga SAK EMKM dapat memberikan informasi laporan posisi keuangan, laporan lab rugi dan catatan atas laporan keuangan yang bijaksana dan digunakan sejumlah para pemakai laporan keuangan dalam mengambil Keputusan.

Laporan keuangan memberikan informasi mengenai aktivitas keuangan perusahaan yang bermanfaat bagi pemakai laporan keuangan. Pihak yang berkepentingan berupa pihak intern dan pihak ekstern perusahaan mempunyaikebutuhan yang berbeda dari informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut. Manajemen puncak sebagai pihak intern memerlukan informasi dari laporan keuangan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang akan bermanfaat bagi perkembangan perusahaan. Sedangkan investor sebagai pihak ekstern memerlukan informasi dari laporan keuangan sebagai bahan pertimbangan untuk membeli atau menjual saham yang dimilikinya. Tujuan Laporan Keuangan lainnya untuk memberikan informasi posisi keuangan, perubahan modal selain informasi kinerja perusahaan.Menurut SAK  EMKM:2018,  laporan  keuangan  EMKM  berupa  Laporan  Posisi  Keuangan,  Laba  Rugi dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Laporan Posisi Keuangan menginformasikan aset, liabilitas dan ekuitasentitas akhir periode. Sedangkan   Laporankinerja/Laba Rugi menyajikan informasi akumulasi pendapatan, beban keuangan dan beban pajak yang merupakan laporan kinerja entitas dalam satu periode.

Usaha kecil adalah usaha ekonomi kreatif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan anak cabang perusahaan yang dimiliki, atau menjadi bagian langsunh maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil sebagaimana dimaksud dalam undang undang ini. Untuk mengetahui kinerja sebuah perusahaan tidak terkecuali UMKM, diperlukan sebuah pencatatan berupa laporan keuangan menurutstandar dan aturan yang berlaku. Laporan ini diperlukan manajer dan stakeholder untuk dasar pengambilan keputusan. Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia:2016, laporan keuangan merupakan catatan informasi kinerja suatu entitas pada waktu atau periode akuntansi.  Laporan keuangan berguna bagi banker, kreditor, pemilik dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam menganalisis serta menginterpretasikan kinerja keuangan dan kondisientitas. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline