Lihat ke Halaman Asli

Penerapan Pendekatan SFBC (Miracle Question) dan Instrument RIASEC pada Penentuan Pilihan Karier setelah Lulus SMA

Diperbarui: 23 Januari 2023   10:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Pemilihan studi lanjut setelah lulus SMA tentu bukanlah hal yang mudah dalam pengambilan keputusannya. Konseli terlebih dahulu harus mengenali bakat, minat, cita-cita dan disesuaikan dengan kemampuan yang dalam hal ini adalah nilai rapor mulai dari semester 1 sampai dengan semester 5. Selain hal-hal tersebut, konseli juga perlu mencari informasi lebih lanjut terkait perguruan tinggi dan program studi yang sesuai dengan harapan dan cita-citanya.

Konseli yang duduk di kelas XI seharusnya sudah memahami konsep tentang perencanaan karier. Hal ini karena proses perencanaan karier menjadi salah satu hal penting yang harus mendapatkan perhatian guna memenuhi tujuan pendidikan ditingkat sekolah menengah atas yang berorientasi melanjutkan ke jenjang kependidikan yang lebih tinggi.

Untuk dapat merencanankan karier dengan baik, maka Konseli perlu memiliki kemampuan dalam :

  • Menganalisis pentingnya perencanaan karier masa depan terutama studi lanjut setelah lulus SMA
  • Mengetahui keterkaitan antara bakat, minat dan karier
  • Mengenali dan menganalis perguruan tinggi dan program studi  yang sesuai dengan bakat minat peserta didik
  • Mengambil keputusan dalam pemilihan perguruan tinggi dan program studi dengan menggunakan instrumen RIASEC

Kondisi yang terjadi saat ini adalah Konseli masih ragu dalam menentukan arah kariernya karena keterbatasan literasi yang dilakukan serta kurang memahami antara keterkaitan bakat minat dan penentuan karier. Oleh karena itu untuk mendukung kemampuan yang harus dimiliki oleh konseli tersebut, Konselor perlu memberikan layanan konseling individu bidang karier dengan topik perencanaan karier setelah SMA dengan memahami keminatan terhadap bidang pekerjaan tertentu sesuai dengan tipe kepribadiannya melalui instrumen RIASEC dari Perspective Holland Theory

RIASEC merupakan gabungan dari 6 tipe kepribadian dan 6 tipe lingkungan pekerjaan yang dijabarkan dalam instrumen yaitu Realistic  (realistis), Investigative (investigatif), Artistic (artistik), Social ( Sosial), Enterprising (Berani berusaha) dan Conventional (Konvensional). 

Teori Holland memandang kepribadian memiliki karakteristik yang unik, yang berkembang dari faktor genetik dan faktor lingkungan. Dalam pendekatan Tes RIASEC ini, instrumen tes digunakan untuk menentukan profesi/ pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadian seseorang dan juga dapat digunakan untuk menentukan jurusan kuliah terbaik sesuai dengan bidang profesi yang diminati sehingga dianggap dapat menyelesaikan permasalahan peserta didik sedangkan self Effikasi ( miracle Question) digunakan untuk mendorong konseli lebih memahami apa yang menjadi keinginan dan harapannya berdasarkan keyakinan dirinya.

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Praktik ini penting untuk dibagikan agar konseli memahami tentang keterkaitan potensi, bakat, minat dan kemampuannya dalam merencanakan karier sehingga  mampu mengambil keputusan yang tepat saat menentukan pilihan kariernya setelah lulus SMA dan prodi apa yang akan diambil. Hal ini karena perencanaan karir untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas memegang peranan penting  dalam keberlanjutan Pendidikan mereka.

Sedangkan bagi Konselor dengan memberikan konseling individu akan menjadi sebuah kesempatan dalam memfasilitasi konseli untuk mencapai aspek kematangan intelektual.

Keberhasilan dalam pelaksanaan layanan konseling individu ini adalah menggunakan metode  SFBC yang berfokus pada Miracle Question untuk memantik konseli memahami tentang dirinya dan menggunakan instrumen RIASEC guna mengetahui keminatan terhadap bidang pekerjaan yang dijadikan sebagai dasar penentuan karier.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline