Lihat ke Halaman Asli

Siti Aisyah

Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional-FISIP Universitas Airlangga

Efektifnya Korean Wave untuk Meningkatkan Ekonomi Korea Selatan

Diperbarui: 5 Juni 2022   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: lib.ui.ac.id

Saat ini banyak di kalangan masyarakat yang menyukai Korean Wave, hal tersebut tentunya sangat menguntungkan negara Korea Selatan baik dari segi diplomasi antar negara dan meningkatnya wisatawan dan ekonomi. Adanya Korean Wave sendiri mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Korea Selatan karena memberikan impact yang sangat besar bagi Korea Selatan. Salah satu yang paling berdampak ialah dari faktor ekonomi. Hal tersebut terlihat ketika banyaknya produk Korea Selatan yang meningkat akan eksistensi dengan promosi produk dikaitkan dengan Korean Wave.   

Hal tersebut dibuktikan dengan data pada tahun 2012 yang menunjukkan bahwa banyak dari produk Korea Selatan yang meningkat dengan cara promosi yang baru yaitu dengan mengkaitkan Korean Wave, bisa dengan cara promosi dalam suatu scene drama atau dengan promosi pada umunya akan tetapi dengan artis papan atas, tentunya hal tersebut dapat menarik konsumen Korea Selatan dan asing. Bahkan saat ini banyak perusahaan di luar Korea Selatan yang menggunakan Korean Wave sebagai cara promosi untuk meningkatkan permintaan pasar hal tersebut sudah dibuktikan dengan pemesanan suatu produk lokal tersebut melalui sistem pre order.  Berikut adalah data meningkatnya eksistensi produk Korea Selatan pada tahun 2012. 

Tentu dari data tersebut sudah dijelaskan terkait peningkatan eksistensi produk Korea Selatan dengan promosi lewat Korean Wave. Bahkan sebelumnya pada tahun 2012 KITA (Korean Trade International Association) melakukan kuisioner kepada masyarakat Jepang, Cina, Taiwan, Vietnam, dan Korea Selatan, sebanyak 1000-an masyarakat yang 80% dar koresponden tersebut mengatakan bahwa dengan adanya produk dengan promosi Korean Wave dapat menarik banyak konsumen karena minat dari produk tersebut dapat dikatakan banyak. Selanjutnya akan dipaparkan mengenai minat konsumen terkait produk Korea Selatan atau produk yang dipromosikan lewat Korean Wave. 

Sumber Gambar: Katadata.com

Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa apabila produk melalukan promosi dengan Korean Wave maka dapat menarik banyak konsumen baik dari masyarakat Korea Selatan dan masyarakat asing. Selain itu, tidak hanya menguntungkan perusahaan saja tetaoi juga menguntungkan pihak pemerintahan karen dengan adanya permintaan dari luar Korea Selatan maka dapat meningkatnya ekspor sehingga dapat menghasilkan sekaligus meningkatkan devisa untuk Korea Selatan. 

Referensi: 

https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20285083-S-Adina%20Dwirezanti.pdf

http://eprints.umm.ac.id/39769/1/PENDAHULUAN.pdf

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/08/korean-wave-dorong-orang-indonesia-beli-produk-korea-selatan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline