Lihat ke Halaman Asli

siti aliyah

Mahasiswa

Dimensi, Fokus dan Karakteristik Pengembangan Pembelajaran

Diperbarui: 13 November 2024   23:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengembangan pembelajaran merupakan upaya yang melibatkan berbagai dimensi penting untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pendidikan. Dimensi-dimensi tersebut mencakup signifikansi, feasibilitas, relevansi, kepastian, ketelitian, adaptabilitas, waktu, monitoring, dan isi pembelajaran, yang semuanya bertujuan untuk menciptakan proses belajar yang lebih baik dan bermakna. Salah satu pendekatan yang efektif dalam pengembangan pembelajaran adalah pembelajaran terpadu. Pendekatan ini berfokus pada proses yang dilalui siswa dalam memahami materi sekaligus mengembangkan keterampilan yang relevan. Pembelajaran terpadu menghubungkan berbagai mata pelajaran, memberikan pengalaman langsung, dan menekankan pembelajaran yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan serta minat siswa. Karakteristik utama pembelajaran terpadu mencakup pendekatan yang berpusat pada siswa, integrasi materi antar mata pelajaran, dan pengembangan potensi siswa secara optimal.

Pertama, Pengembangan pembelajaran melibatkan beberapa dimensi penting, antara lain: Signifikansi, yang bergantung pada tujuan pendidikan dan kriteria  mempertimbangkan aspek biaya dan implementasi.Relevansi, memastikan pembelajaran dapat menyelesaikan masalah dengan tepat waktu. Kepastian,untuk meminimalkan kejadian tak terduga.Ketelitian, dengan menyusun pembelajaran secara sederhana dan memperhatikan keterkaitan antar komponen. Adaptabilitas, yang memungkinkan fleksibilitas dalam pembelajaran. Waktu, mempertimbangkan perencanaan masa depan dan kebutuhan pendidikan Monitoring, untuk memastikan efektivitas komponen. Isi pembelajaran, yang mencakup tujuan, organisasi aktivitas, tenaga pengajar, dan konteks sosial.

Kedua, Fokus pembelajaran terpadu terletak pada proses yang dilalui siswa dalam memahami materi pembelajaran serta pengembangan keterampilan yang diperlukan (Aminuddin, 1994). Pembelajaran terpadu dapat dipahami sebagai: Pendekatan yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang mencerminkan dunia nyata dan sesuai dengan perkembangan anak,Cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak secara bersamaan (simultan).Menggabungkan konsep-konsep dari beberapa mata pelajaran berbeda, dengan tujuan agar siswa dapat belajar dengan cara yang lebih baik dan bermakna.

Ketiga, Pembelajaran terpadu memiliki beberapa karakteristik penting. Berpusat pada siswa, dengan guru sebagai fasilitator yang memudahkan aktivitas belajar. Memberikan pengalaman langsung, membantu siswa memahami konsep abstrak melalui hal-hal konkret. Pemisahan mata pelajaran tidak terlalu jelas, dengan fokus pada tema yang relevan dengan kehidupan siswa, terutama di kelas awal. Mengintegrasikan konsep dari berbagai mata pelajaran, memungkinkan pemahaman menyeluruh untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari. Bersifat fleksibel, memungkinkan pengaitan materi antar mata pelajaran dan konteks kehidupan siswa. Hasil pembelajaran berkembang sesuai minat dan kebutuhan siswa, memungkinkan optimalisasi potensi mereka.

Kesimpulannya, Pengembangan pembelajaran mencakup dimensi-dimensi penting seperti signifikansi, feasibilitas, relevansi, kepastian, ketelitian, adaptabilitas, waktu, monitoring, dan isi pembelajaran. Dimensi-dimensi ini berkontribusi untuk memastikan bahwa proses pendidikan berlangsung secara efektif dan memenuhi kebutuhan siswa. Di sisi lain, pembelajaran terpadu menekankan pemahaman siswa terhadap materi dan pengembangan keterampilan melalui pendekatan interdisipliner. Karakteristik pembelajaran terpadu meliputi fokus pada siswa, pengalaman langsung, integrasi antar konsep mata pelajaran, serta fleksibilitas dalam pengajaran. Dengan demikian, kedua aspek ini saling melengkapi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mengoptimalkan potensi siswa dalam kehidupan sehari-hari..
*) Tulisan ini disarikan dari Bahan Ajar Mata Kuliah Sekolah Islam Terpadu Part 5 Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam Terpadu: Kholistik Terintegratif. Dosen Pengampu Prof. Dr. H. Ahmad Rusdiana, Drs., MM
 Anjo,dengan Ibu Romlah. Alamat Tempat Tinggal Kp.Rumbia Rt o5 Rw 03 Ds.Karangreja Kec.Pebayuran, Kab.Bekasi , Provinsi Jawa Barat , Indonesia, 17710 HP, 08872254639, E-Mail:
sitialiyah110204@gmail.com Pendidikan: Sekolah Dasar/MI Hidayatul Muntadiin lulus tahun
2016, Sekolah Mengah Pertama/MTs Hidayatul Mubtadiin lulus tahun 2019, Sekolah Mengah
Atas MA YPAA Cipilus Wanayasa Purwakarta tahun 2022 dan sekarang kuliah di UIN SGD
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline