Lihat ke Halaman Asli

Siti Khoirnafiya

Pamong budaya

Pembangunan Budaya Organisasi di Tempat Kerja, Penjelasan Singkat Antropologi

Diperbarui: 15 Agustus 2024   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa definisi budaya organisasi

Budaya Organisasi adalah seperangkat nilai, norma, keyakinan, dan asumsi bersama yang dianut oleh anggota suatu organisasi. Ini membentuk cara berpikir, berperilaku, dan berinteraksi satu sama lain dalam organisasi tersebut. Definisi Budaya Organisasi Menurut Para Ahli:

  • Edgar Schein mendefinisikan budaya sebagai "sistem yang menyeluruh dari keyakinan, norma, dan nilai yang diterima oleh anggota suatu organisasi yang menentukan bagaimana organisasi tersebut berperilaku". (Schein, E. H. (1992).

  • Gareth R. Jones mendefinisikan bahwa budaya organisasi adalah "persepsi bersama yang dianut tiap anggota untuk membentuk suatu sistem makna bersama." (Jones, G. R. (2020).

  • Denison mendefinisikan bahwa budaya organisasi adalah "kumpulan dari keyakinan, norma, dan nilai yang diterima oleh anggota suatu organisasi dan yang menentukan bagaimana organisasi tersebut berperilaku." (Denison, D. R. (1996). 

  • Sumanto mendefinisikan bahwa  budaya organisasi didefinisikan sebgai "nilai-nilai yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan kewajibannya dan juga perilakunya di dalam organisasi". (Sumanto, A. (2014). 

  • Edison mendefinisikan bahwa budaya organisasi adalah suatu kebiasaan yang telah berlangsung lama dan dipakai serta diterapkan dalam kehidupan aktivitas kerja sebagai salah satu pendorong untuk meningkatkan kualitas kerja para karyawan dan manajer perusahaan." (Edison, 2016:233)  

Pentingnya Memahami Budaya Organisasi.

Kita perlu memahami budaya organisasi termasuk di tempat kerja kita dengan beberapa alasan karena budaya organisasi dapat berperan dalam beberapa hal, di antaranya: 

  • Membentuk Perilaku: Budaya organisasi akan membentuk bagaimana karyawan berpikir, bertindak, dan berinteraksi satu sama lain.

  • Memengaruhi Kinerja: Budaya yang positif dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kepuasan karyawan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline