Lihat ke Halaman Asli

siti nurjanah

mahasiswa

Upaya Peningkatan Sikap Kesetaraan Gender Sosial

Diperbarui: 20 Maret 2024   21:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Upaya peningkatan kemampuan kesetaraan gender melalui pembelajaran berbasis gender sosial inklusi pada peserta didik sekolah dasar adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi diskriminasi berdasarkan gender dan menggalakkan kesetaraan dalam pemenuhan hak dan kewajiban. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan peserta didik dari aspek sikap, psikomotor, dan kognitif dapat diperoleh dengan menerapkan kesetaraan gender tanpa perbedaan. Pembelajaran berbasis gender sosial inklusi juga dapat membantu peserta didik memahami dan mengenal pasti sikap yang setara antara laki-laki dan perempuan. 

Upaya peningkatan kemampuan kesetaraan gender melalui pembelajaran berbasis gender sosial inklusi pada peserta didik sekolah dasar terdiri atas: 

1. Menerapkan kesetaraan gender tanpa perbedaan 

2. Melibatkan perempuan dalam pengambilan keputusan  

3. Peningkatan kemampuan sikap, psikomotor, dan kognitif pada peserta didik 

4. Pemberian motivasi belajar yang setara antara laki-laki dan perempuan 

5. Kegiatan apersepsi yang membantu peserta didik memahami sikap yang setara antara laki-laki dan perempuan  

6. Menanyakan pemahaman atau kegiatan penguatan yang membantu peserta didik memahami konsep gender dan kesetaraan 

7. Pemberian tugas yang sama, memberikan apresiasi kepada siswa, evaluasi pembelajaran, dan menyampaikan materi mengelilingi kelompok besar 

8. Siswa aktif bertanya, pembentukan kelompok kecil, pemilihan ketua kelompok, kerja sama kelompok, dan menyampaikan hasil diskusi secara bergantian 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline