Lihat ke Halaman Asli

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis

Diperbarui: 7 November 2023   21:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Latar  Belakang

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat ini, setiap pengusaha harus benar-benar memperhatikan strategi pemasaran yang diterapkan pada bisnisnya. Marketing strategi memiliki peranan penting bagi para pengusaha bisnis dan UMKM. Peranan penting dari marketing strategi yang tepat akan menghasilkan daya saing yang berkualitas tinggi. Persaingan yang ketat akan melibatkan banyak pelaku usaha dan tentunya hal ini akan menuntut para pelaku usaha/bisnis tersebut untuk mampu beradaptasi dan berkembang demi kelangsungan bisnis. Dalam upaya Menyusun strategi pemasaran dibutuhkan informasi yang akurat dan lengkap serta berkaitan dengan pasar.

Strategi adalah rencana yang dikembangkan oleh seseorang yang berfokus pada tujuan dengan jangka waktu panjang untuk meningkatkan kualitas bisnis perusahaan. Dalam setiap bisnis pasti memiliki strategi untuk meningkatkan kualitas bisnisnya.

Pemasaran adalah proses yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang demi mendapatkan apa yang mereka butuhkan dengan cara membuat dan menukarkan produknya kepada individu atau kelompok lain. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan dan keinginan masyarakat semakin meningkat dan produsen harus memiliki langkah-langkah promosi yang khusus sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dipromosikan dan dapat memuaskan hati pelanggan. Pada saat ini, strategi pemasaran juga dapat dilakukan melalui media sosial. Menyusun strategi pemasaran  harus dilihat dari media yang tepat untuk memanfaatkan promosi. Contohnya Website, Instagram, WhatsApp, E-Commerce, dll.

PEMBAHASAN

Pengertian Marketing Strategi 

 Menurut Philip, "strategi pemasaran merupakan pola piker yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan, dapat mengenai strategi spasifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran."

Strategi Pemasaran atau Marketing Strategi adalah tindakan untuk mencapai tujuan dengan pola pikir yang kreatif dan inovatif untuk menyikapi perkembangan yang terjadi di perusahaan.

Fungsi Marketing Strategi

Adapun fungsi dari marketing strategi yaitu sebagai berikut:

1. Untuk Meningkatkan Motivasi dan Melihat Masa Depan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline