Lihat ke Halaman Asli

Panduan Menangani Edema atau Kaki Bengkak Semasa Kehamilan

Diperbarui: 2 Juli 2015   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

edema biasanya mulai berjalan pada waktu umur kehamilan mencapai 5 bln. bahkan juga senantiasa bertambah sepanjang trimetser ketiga. Beraneka ragam elemen dapat mendasari keadaan ini, yang dapat di awali dikarenakan badan yang mulai menghasilkan semakin banyak cairan atau darah dikarenakan perubahan badan dikarenakan kehamilan. Membesarnya rahim dapat menghimpit pembuluh darah, jadi mengganggu kembalinya darah ke jantung. Selanjutnya, hal tersebut dapat membuat pembengkakan pada kaki serta pergelangan kaki. Pergantian hormon barangkali juga berfungsi membuat keadaan ini. Yang kerap berjalan memanglah pembengkakan pada kurang lebih kaki, tapi dapat juga berjalan didaerah muka.

Panduan serta Langkah Menangani Edema atau Kaki bengkak sepanjang kehamilan :

Buat menanggulangi keadaan edema ini, seharusnya mengetahui elemen dipicu. Perihal lain tidak cuman yang dikatakan di atas, keadaan panas, berdiri atau duduk terlampau lama, serta kegiatan konstan lain juga dapat jadi pemicunya. Di bawah ini lebih dari satu panduan Cara Mengatasi Kaki Bengak Saat Hamil 9 Bulan :
Buat menunjang meminimalisir pembengkakan, ibu hamil juga dapat melaksanakan perawatan kaki sebagai berikut :

* Kerap mengistirahatkan serta mengangkat kaki seandainya amat mungkin.
* Untuk kaki Anda nyaman, contohnya menaikkan ukuran sepatu
* Mengadaptasi busana teristimewa kehamilan yang memiliki ukuran longgar, lebih-lebih sisi atasan di kurang lebih pergelangan tangan.
* Jauhi juga celana ketat yang barangkali dapat membatasi pergelangan kaki. Busana yang dirasa ketat berarti dikarenakan badan yang membengkak, serta dapat membatasi aliran darah.
* Carilah kaus kaki atau stocking pendukung teristimewa yang di buat buat menunjang kurangi edema.
* Jauhi berdiri atau duduk buat saat yang lama dan jangan sampai menyilangkan kaki. Waktu Anda duduk, putarlah kaki di pergelangan. Tambah baik apabila sembari berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi.
* Tidur miring. Apabila amat mungkin tidur dengan miring kekiri. Hal semacam ini dapat memberikannya desakan pada vena besar yang kembalikan darah dari sisi bawah badan ke jantung. Dapat juga sembari dibantu dengan mengangkat kaki sedikit dengan diganjal bantal.
* Melaksanakan kesibukan fisik selagi melaksanakan tradisi harian, jalan-jalan sehari-hari, naik sepeda stasioner, atau berenang di kolam renang.
* Merendam kaki dikolam renang dapat memberikannya kompres serta desakan pada kaki bengkak dapat meredakan sesaat.
* Mengompres air dingin ke daerah yang bengkak 3 kali sepanjang kurang lebih 15-20 menit. Bungkus kompres dingin dengan handuk, jangan sampai segera kekulit Anda. Buat problem ini dapat dikomunikasikan dahulu dengan dokter.
* Lebih dari satu kajian juga memperlihatkan bahwa memijat kaki dengan teratur juga dapat menunjang meredakan pembengkakan kaki serta pergelangan kaki sepanjang kehamilan.

Teruskan dengan mengatur diet kehamilan sehat :

* Konsumsi makanan yang tinggi kalium seperti pisang dapat meminimalisir pembengkakan selagi hamil, dikarenakan Kalium memiliki fungsi buat merawat keseimbangan takaran air dalam.
* Garam sanggup membuat retensi air. Jadi jangan sampai memberikannya garam penambahan buat makanan, atau jauhi makan-makanan yang terlampau asin. Juga peroleh cuma makanan yang punya kandungan sodium lebih rendah.
* Jauhi cafein, dikarenakan juga sanggup membuat badan membengkak sepanjang kehamilan. Sama juga dengan garam, cafein juga kurangi takaran cairan pada badan. Hal semacam ini dikarenakan cafein dapat membuat penambahan frekwensi buang air kecil serta mengganggu kebolehan alami badan buat menyeimbangkan cairan.
* Minumlah banyak cairan, The Institute of Medicine menganjurkan kurang lebih 10 gelas (2 atau 3 liter) cairan sehari-hari sepanjang kehamilan.

Pergelangan kaki serta kaki bengkak sepanjang kehamilan biasanya yaitu normal, tapi pembengkakan yang ekstrim layak buat diwaspadai. Hubungi dokter apabila :

* Mendadak bengkak atau lebih parah
* Pembengkakan cuma berjalan pada satu kaki

Pembengkakan yang kronis atau mendadak bengkak dapat jadi menandakan dari keadaan serius yang dimaksud preeklamsia. Isyarat serta tanda-tanda preeklamsia yang lain termasuk juga sakit kepala kronis, pandangan kabur, serta penambahan berat tubuh yang cepat. Pembengkakan yang berjalan cuma satu kaki – lebih-lebih apabila diikuti dengan rasa sakit atau nyeri pada betis atau paha – dapat berarti ada pembekuan darah atau keadaan lain yang mendasari. Ke dua keadaan ini mesti mendapatkan pelajari serta penyembuhan yang pas




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline