Mengenali customer experience adalah merupakan salah satu faktor terpenting yang mampu menunjang keberhasilan bisnis Anda. Mengapa ? Karena dengan mengenali customer experience Anda, maka dapat memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda, mengenal serta mengetahui lebih dalam mengenai pendapat dan kepuasan pelanggan Anda akan layanan produk/jasa yang Anda tawarkan.
Di era digital ini, kemudahan akses digital menawarkan peluang lebih cepat untuk mengetahui customer experience bisnis Anda. Melalui platform digital, dapat memudahkan pelanggan untuk berinteraksi secara langsung dengan Anda dan mengutarakan pengalaman, pesan dan kesan mereka dalam menggunakan layanan produk/jasa yang bisnis Anda tawarkan. Alasan mendasar ini yang membuat pentingnya bagi pelaku bisnis untuk dapat memanfaatkan peluang dari perkembangan teknologi digital ini dalam mengeksplorasi customer experience bisnis mereka secara lebih mendalam.
Fenomena ini pula yang memotivasi tiga akademisi dari Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Telkom University untuk menggelar acara pengabdian masyarakat dengan tema "Pelatihan Digital Experience Literacy untuk Pelaku UMKM dan Start-up", dengan menggandeng mitra usaha lokal dari Yayasan Selasar Ilmu dan Suara Sainsindo Kegiatan ini bertujuan membantu pelaku usaha bisnis, terutama yang berada di Kabupaten Bandung, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal bidang pengelolaan literasi digital experience yang dapat dipergunakan untuk memperkuat bisnis perusahaan, meningkatkan kepuasan dari pelanggan, meningkatkan loyalitas dari pelanggan, memperkuat branding perusahaan serta meningkatkan nilai perusahaan yang selanjutnya dapat berdampak pada peningkatan keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.
Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Kota Bandung dan dihadiri oleh para pelaku UMKM dan Start-Up serta pihak akademisi dan masyarakat umum yang tertarik untuk mendalami mengenai pemanfaatan literasi Digital Experience untuk menunjang pertumbuhan bisnis. Melalui penjelasan menyeluruh mengenai pengertian secara teoritis hingga implementasi secara praktis dari pemanfaatan Digital Experience dikupas secara tuntas pada kegiatan pengabdian masyarakat ini. Salah seorang peserta pelatihan, yang merupakan pebisnis UMKM yang bergerak di bidang jasa, mengaku bahwa kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi bisnisnya, dimana dengan meningkatkan literasi digital experience ini mampu memudahkan pebisnis untuk bisa berinteraksi lebih dekat dan lebih dalam dengan pelanggan, dengan waktu lebih cepat dan prosedur yang lebih efisien.
Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pebisnis UMKM dan Start-Up akan pentingnya memanfaatkan digital customer experience untuk meningkatkan perfoma bisnis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini selaras dengan visi misi Telkom University dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 8 yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja produktif, serta kerja layak untuk semua.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H