Lihat ke Halaman Asli

Sita Aulia Rahma

Komite Pembelajaran Kemendikbud

Wujudkan SDGs (Sustainable Development Goals) Kelurahan Jagalan Kota Kediri, Mahasiswa KKN Kelompok 17 UNP Kediri 2024 Gelar Program Unggulan

Diperbarui: 7 Maret 2024   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : dokumen pribadi

KEDIRI - Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diselesaikan mahasiswa adalah pengabdian masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pada kegiatan KKN Tematik Tahun 2024 ini Kelompok 017 ditempatkan pengabdian Masyarakat di Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kota, Kota Kediri yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Februari hingga 29 Februari 2024.

Optimalisasi program kerja yang dilakukan KKN Tematik Kelompok 017 ini disesuaikan dengan tema yang diangkat oleh Kampus UNP Kediri sendiri yaitu membangun kelurahan di Kota Kediri untuk mencapai SDGs (Sustainable Development Goals) diantaranya melalui pengembangan kampung hijau di Kota Kediri khususnya di Kelurahan Jagalan.

Kegiatan ini direalisasikan bekerjasama dengan lembaga-lembaga kelurahan Jagalan seperti RT/RW, ibu-ibu PKK, para kader posyandu, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), pengurus LPPA (Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak), pengurus WPA (Warga Peduli Aids), beserta masyarakat sekitar.

Program kerja unggulan yang diwujudkan bersama KKN Tematik Kelompok 017 di Kelurahan Jagalan, diantaranya yakni:

  • Kegiatan penghijauan
  • Melakukan kegiatan penanaman tanaman yang bernilai guna dan memiliki daya tahan yang lama seperti tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, dan beberapa bunga hias menggunakan pot hasil pengolahan sampah plastik. Penanaman ini dilakukan secara serentak berlokasi di RW 01 dan RW 02 Kelurahan Jagalan. Tidak hanya itu, media tanam yang digunakan juga menggunakan tanah dan pupuk organik.
  • Edukasi pencegahan perundungan/Bullying
  • Melakukan sosialisasi "Anti Perundungan" yang bekerja sama dengan pengurus LPPA (Lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak) Kelurahan Jagalan, dilaksanakan di SDN 1 Jagalan Kota Kediri serta disambut dengan meriah oleh Ibu Kepala sekolah, para guru dan siswa-siswi.
  • Edukasi pencegahan seks bebas dan anti narkoba
  • Kolaborasi dilakukan bersama SMPN 3 Kota Kediri yaitu dengan program sosialisasi "Pencegahan Seks Bebas Dan Anti Narkoba" dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan "Seribu Petisi Anti Narkoba".
  • Seminar Kewirausahaan
  • Kegiatan ini merupakan upaya pengembangan UMKM yang berada di Kelurahan Jagalan, khususnya membantu dalam pemasaran melalui Digital Marketing. Dilakukan dengan berkolaborasi bersama Ibu-Ibu PKK dan para pelaku UMKM.

sumber gambar : dokumen pribadi

Program kerja tersebut juga telah mendapatkan persetujuan dan apresiasi dari pemerintah Kelurahan, salah satunya Kepala Kelurahan yaitu Bapak Panji Hartawan, S.T.

Harapan terbesar kami Kelompok 017 KKN Tematik selama pengabdian dapat merealisasikan program kerja dengan memaksimalkan potensi Kelurahan Jagalan guna mencapai SDGs (Sustainable Development Goals).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline