Lihat ke Halaman Asli

sita hafsari

mahasiswa

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Transformasi Pendidikan Di Era Digital

Diperbarui: 16 Desember 2023   12:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendidikan merupakan pondasi utama dalam mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan era digital, implementasi kurikulum merdeka belajar menjadi kunci dalam transformasi pendidikan di era digital. Kurikulum merdeka belajar dapat menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel, berbasis kompetensi, serta memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan ptensinya secara keseluruhan. penerapan kurikulum merdeka belajar ini memungkinkan integrasi teknlogi dan pembelajaran dengan akses yang lebih luas terhadap teknologi, peserta didik dapat memperoleh iformasi dan pengetahuan secara lebih cepat dan mendalam. hal ini mereka dapat mengasah keterampilan digital yang sangat diperlukan di era ini.

selain itu, kurikulum merdeka belajar juga mendorong pendidik untuk menggunakan metode pengajaran yang inovatif, melalui penerapan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa didorong umtuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, mengembangkan keterampilan kolaboratif, memecahkan masalah, dan melatih berpkir kritis. Transformasi pendidikan di era digital dengan penerapan kurikulum merdeka pembelajarn juga menuntut peran aktif kepada seluruh pihak terkait baik pemerintah, lembaga pendidikan, pendidik, dan masyarakat. kolaborasi yang kuat antar semua pihak diperlukan untuk memastikan pendidikan yang dipilih mampu mencerdaskan generasi penerus bangsa.

pendidkan indonesia terus mengalami perubahan akibat penerapan kurikulum merdeka belajar, sebagai respon terhadap pesatnya kemajuan era digital kurikulum ini bertujuan untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik, relavan, dan inklusif. berikut beberapa poin penting pemanfaatan kurikulum merdeka belajar dan dampaknya terhadap transformasi pendidikan di era digital diantaranya: 

  • fleksibilitas dan keanekaragaman materi

dengan pendekatan ini materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan minat masing-masing siswa.kemampuan guru dalam mengembangkan metode pengajaran yang menarik dan relavan dengan pesatnya kemajuan teknologi memungkinkan respon siswa yang lebih baik terhadap tuntutan era digital.

  • pemanfaatan teknologi dalam pendidikan 

kurikulum pendidikan merdeka belajar mendorong penguanaan teknologi sebagai alat pendukung pembelajaran. integrasi teknologi tidak hanya mencangkup penggunaan perangkat keras, tetapi juga memanfaatakan sumber belajar digital, paltform yang menantang dan aplikasi pendidikan yang dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran

  • karakteristik individu

kurikulum merdeka belajar memberi ruang bagi pemantauan individu dengan penekanan pada kemandirian. guru mrmiliki kemampuan untuk memberikan umpan balik yang lebih individual dan membantu siswa dalam mengidentifikasi bidang-bodang yang memerlukan perbaikan serta potensi.

  • pendidikan karakter dan soft skill

Selain menekankan muatan akademis, kurikulum ini juga mendorong pengembangan karakter dan soft skill. Pendidikan bukan hanya tentang perolehan pengetahuan; ini juga tentang mengembangkan keterampilan komunikasi yang intuitif, akurat, dan efektif.

Adapun peluang dan tantangan pada kurikulum ini meskipun memiliki potensi yang menjanjikan serta positif penerapan merdeka belajar juga dihadapkan pada tantangan serupa dengan belum stbail atau kurangnya infrastruktur digital di wilayah tertentu, namun tantangan ini dapat diatasi dengan kerjasama pemerintah, sekola, dan masyarakat umum.

Dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar diharapkan pendidikan diera digital mampu menciptakan lulusan yang tidak hanya unggul dalam hal pengetahuan, tetapi juga dapat memiliki keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan beradaptasi terhadap keadaan yang berubah dengan cepat. penerapan kurikulum ini merupakan langkah awal yang penting untuk memastikan bahwa pendidikan dapat beradaptasi dengan dunia yang terus berubah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline