Lihat ke Halaman Asli

sita hafsari

mahasiswa

Perkembangan Pendidikan pada Fakultas Perguruan Tinggi FKIP di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Diperbarui: 29 Agustus 2023   19:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan pada pendidikan FKIP universitas muhammadiyyah purwokerto ini telah melakukan banyak sekali perkembangan dari tahun ketahun hingga saat ini. awal mula fakultas keguruan ilmu pendidikan di  Universitas Muhammadiyah purwokerto atau biasa disebut dengan FKIP UMP, pada tanggal 26 juli 1995 merupakan bentuk alih IKIP  Muhammadiyah purwokerto IKIP muhammadiyyah purwokwerto ini didirikan pada tanggal 5 april 1965 M.

Pada masa itu di Universitas Muhammadiyah purwokerto baru membuka dua fakukltas yakni fakultas ilmu pendidikan (FIP) diantaranya jurusan didaktik kurikulum dan fakultas keguruan ilmu sosial (FKIP) dengan jurusan ekonomi umum. hingga saat ini fakultas ilmu pendidikan ini terus bertambah sehingga memiliki 10 program  studi di FKIP UMP.

adapun UMP ini juga telah menyusun beberapa dokumen kurikulum yang telah wakil dekan sampaikan ketika kegiatan KKL kemarin seperti, evaluasi kurikulum dan treacer study, matriks dan peta kurikulum, manajamen kurikulum dan mekanisme pelaksanaan kurikulum, penetapan bahan kajian serta adanya rencana implementasi hak belajar maksimum 3 semester di luar prodi (untuk kurikulum MBKM). 

Untuk kurikulum MBKM ini dilaksanakan pada semester 4,5 dan 6, akan tetapi program studi ini dapat merencanakan ataupun menawarkan program kepada mahasiswa dengan kegiatan yang berbeda sehingga tidak harus menyiapkan kegiatan MBKM untuk 3 semester akan tetapi bergantung pada rancangan prodinya masing-masing. dengan adanya program MBKM tentu dapat memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengembangkan potensi-potensi atau inovasi yang lebih baik, dan dengan adanya penyusunan beberapa dokumen kurikulum tersebut tentu dapat memperkembangan suatu kualitas pengajaran dan sudah terlihat bagaimana UMP ini dapat mengelola suatu pendidikan pada perguruan tersebut dengan sangat baik. 

Dengan hal ini tentunya sebagai lembaga yang telah menerapkan visi menjadi lembaga penyelenggaraan tenaga kependidikan (LPTK) yang modern, unggul, mandiri dan islami. sehingga FKIP UMP dapat senantiasa mengabdi untuk kepentingan dan kemakmuran bangsa.  pada prodi FKIP ini tentu memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana kependidikan yang berkepribadian islami, berkompeten, berintegrasi, dan berdaya saing tinggi di tingkat nasional maupun internasional.

perubahan perkembangan pada pendidikan tersebut bahwasanya FKIP UMP telah mencapai peningkatan dengan jumlah 1987 mahasiswa. dengan hal tersebut pastinya pendidikan di UMP ini akan terus mengembangkan dan menghasilkan suatu kualitas yang lebih baik, sehingga dalam perkembangan tersebut FKIP UMP juga telah memilki berbagai fasilitas yang telah disediakan untuk memenuhi kebutuhan belajar mengajar di masing-masing prodi dalam hasil kunjungan KKl kemarin yang kita ketahui adanya bebrapa fasilitas seperti laboratorium microteaching multimedia, sistem informasi geografi, penginderaan jauh, sejarah, dan pengembangan PBI. dalam hal ini tentu mahasiswa dapat dengan mudah memprkatikan sehingga dapat langsung mendapatkan pengalaman yang lebih nyata serta membantu meningkatkan skill dan pemikiran yang lebih terbuka.

Hal ini dapat kita simpulkan bahwasannya dengan adanya perekembangan pendidikan ini dapat menarik suatu masyarakat ataupun seseorang yang ingin memiliki suatu pendidikan yang lebih tinggi dan luas dengan ketertarikan mereka akan belajar di sebuah perguruan tinggi ini Universitas Muhammadiyyah Purewokerto yang tempatnya sangat mudah diakses ataupun dicari oleh masyarakat serta memiliki denah yang sangat luas dan fasilitas yang sangat baik . dengan perkembangan kurikulum pada salah satu program pendidikan FKIP dan juga telah mendapatkan mahasiswa yang terus menerus meningkat dan UMP pun secara aktif dapat mengembangkan kerjasama internasional dengan berbagai perguruan tinggi ternama dalam bidang riset serta peningkatan  kualitas sumber daya manusia (SDM), dan ini juga bentuk dari hasil kerjasama ataupun kekompakan antara rektor, dekan, kaprodi dan semua yang terlibat dalam pengembangan pendidikan serta menerima masukan ataupun sanggahan dari semua yang bersangkutan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline