Lihat ke Halaman Asli

Pengen Tau Rasa Naik Pesawat, tapi.. Ah Sudahlah

Diperbarui: 10 Agustus 2015   21:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iya, saya memang belum pernah naik pesawat seumur hidup sampai saat ini saya sudah 20 tahun di dunia. Paling banter juga kapal Kelud atau kereta api eksekutif Bandung-Surabaya itupun juga promo hehe. Nggak tau kenapa mungkin karena gak pernah pergi jauh atau mungkin juga orang tua saya yang sederhana, tapi dua adik saya malah sudah pernah naik pesawat.

Makin tambah umur sebenarnya hasrat saya naik pesawat makin turun, bukannya malah tambah excited. Padahal, pas kuliah gini banyak teman yang tiap liburan panjang pasti naik pesawat. Tapi saya malah kasian sama mereka kadang-kadang. Gimana nggak kasian, mereka kalau mau pulang musti merencanakan dulu, udah harus pesen tiket jauh-jauh hari biar nggak kehabisan, tiketnya 2x lipat tiket bus yang saya naiki kalau pulang lagi, bahkan ada yang nyampe 5x lebih harga tiket saya, udah gitu pas deket-deket hari keberangkatan eh kadang-kadang ada dosen yang gak tau kenapa ngasih ujian di tanggal setelah tanggal keberangkatan. Mau gimana lagi, melayang dong duitnya, daripada nilai mata kuliahnya yang melayang, hiks. (Setau saya tiket pesawat nggak kayak tiket kereta api yang bisa nunda berangkatnya “cuma” rugi 25%) Saya malah bersyukur kadang, alhamdulillah lahir di jawa, di pusat pembangunan (ya mau dikata apalagi, kan emang dari jaman belanda udah kayak gini, kenyataan emang pahit) kalau mau balik rumah nggak susah.

Tapi biarpun saya nggak terlalu excited lagi, saya juga masih pengen naik pesawat. Tapi pengennya yang promo-promo aja hahaha. Pengennya sih promo yang ke singapura gitu, kan sering tuh dulu, terus lanjut jalan-jalan ke Malaysia. Eh, barusan pas baca berita di Internet nemu link ini : http://finance.detik.com/read/2015/08/10/185853/2988203/4/1/tony-fernandes-kritik-kebijakan-jonan-soal-batas-tarif-bawah-maskapai walah walah. Yaah, ambyar impian ke singapura naik pesawat murah. Tapi saya masih bingung sama pak Jonan, emang sih, kalo sepintas ada semacam benang merah antara kecelakaan pesawat sama tarif yang murah, iya sepintas. Tapi kalo yang saya baca dari tulisan orang yang sering pergi pakai pesawat LCC (Low Cost Carrier) istilah kerennya pesawat murah, ada beberapa fasilitas yang diilangin kayak misalnya makan, jadi wajar kalo tiketnya murah.

Yah saya cuma mahasiswa, lulus juga belum, naik pesawat juga belum. Mungkin pak Jonan lebih tau soal begini, eh bukan mungkin lagi, tapi pasti lebih tau. Mungkin pak Jonan kasian sama bawahannya yang tugasnya ngurus izin pesawat, meriksa pesawat layak terbang atau enggak, mereka kan bakalan capek kalo disuruh meriksa pesawat-pesawat di Indonesia. Secara kan Indonesia banyak banget tuh pesawatnya. Ya daripada bawahannya kecapekan ya mending si  maskapainya aja yang disuruh ngawasin sendiri, jadi sepaket, pelaksana usaha sama pengawas usahanya, komplit. Nah kan kasian juga tuh kalo karyawan maskapai disuruh rangkap jabatan, nah mungkin tarif batas bawah yang 40% dari tarif batas atas itu bisa jadi insentif buat mereka karena udah berbaik hati rangkap jabatan. Yah mudah-mudahan kalo udah gak murah gini saya tetep dikasih kesempatan sama Tuhan biar bisa naik pesawat juga, kan rezeki orang Tuhan yang ngatur. Naik haji mahal aja masih banyak yang bisa kesana, apalagi naik pesawat hehe




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline