Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa??

Diperbarui: 25 Juni 2015   07:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mahasiswa merupakan tingkatan tertinggi dari siswa dalam arti lain tingkat dan kedudukan lebih tinggi dari siswa-siswa, karena telah melewati beberapa jenjang menuju mahaiswa. Mahasiswa merupakan elit bangsa ini yang akan melakukan perubahan bangsa untuk masa yang akan datang, tidak banyak dari pemuda pemuda bangsa yang dapat dan mampu meraih jenjang pendidikan tinggi ini di perguruan tinggi maupun universitas. Dari perkembangan sejarah dapat dilihat mahasiswa memiliki peran yang cukup tinggi untuk perubahan dan pergerakan bangsa dapat dilihat mahasiswa menurunkan pemerintahan rezim suharto, di mana pergolakan mahasiswa untuk perubahan bangsa hingga saat ini.

Mahasiswa ideal adalah mahasiswa yang dapat menggabungkan sisi akademik, organisasi dan pekerjaan menjadi satu. Sehingga mahasiswa tidak hanya bertujuan  mendapat IPK tinggi akan tetepi mengembangkan kemampuan berorganisasi, kemempuan menjadi pemimpin yang baik, memenaj anggota dan mengeluarkan pebdapat di depan banyak orang sehinga dapat terjun kedunia masyarakat yang propesional.

Pada dasarnya mahasiswalah yang akan melakukan pergerakan pergerakan bangsa yang akan membela kelemahan rakyat yang mungkin mereka akan berdiamdiri dengan kebijakan kebijakan yang ada pada pemerintahan, dengan berdasarkan norma dan ilmu yang diperoleh mahasiswa mereka dapat menujukan pergerakan yang mungkin kebijakan tersebut akan mensensarakan rakyat, pergerakan juga bisa diartikan mahasiswa yang peduli terhadap kondisi kekinian bangsa, baik dalam aspek politik dan pemerintahan, maupun aspek pengabdian ke masyarakat. Aktif mengikuti kajian strategis dan pengabdian masyarakat merupakan salah satu upaya pencapaian oleh mahasiswa. Selain itu mahasiswa hendaknya menjadi penyebar kebaikan dalam arti lain ilmu pengetahuan yang di dapat harus bermanfaat untuk kepentingan dan kebaikan diri sendiri dan orang lain, sehingga terciptalah mahasiwa berprestasi di bidangnya.

Mahasiswapun sangat menjunjung azas kekeluargaan yang tinggi Mahasiswa merupakan makhluk sosial yang tidak akan bisa bertahan tanpa melakukan interaksi membantu dan dibantu oleh orang lain. Oleh dukungan teman – teman terdekat pula, mahasiswa mampu lebih mempercepat perkembangan dirinya. Sejak mahasiswa baru sudah dikenalkan dengan konsep angkatan. Diajarkan agar tidak mementingkan diri sendiri dan peduli dengan teman satu angkatan kita. Hal ini diharapkan menjadi media pembelajaran awal bagi mahasiswa mengenai perlunya jiwa kekeluargaan di antara mahasiswa. Banyak sekali organisasi mahasiswa yang mencantumkan asas kekeluargaan. Dengan asas itu lah, mahasiswa bisa menjadi sangat loyal, mahasiswa bisa berkontribusi maksimal meskipun tidak dibayar dengan materi, mahasiswa memiliki rasa memiliki yang tinggi terhadap organisasinya.

same post in my blog  http://siskasurya.blogspot.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline