Lihat ke Halaman Asli

WebhostingUX

Hosting Review

Apa Itu Nama Domain dan Web Hosting?

Diperbarui: 10 April 2019   07:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kebanyakan dari kita sudah mengetahui dan paham dengan apa yang disebut dengan website, namun sangat jarang yang mengetahui tentang cara bagaimana membuat website. Tahukah Anda bahwa untuk membuat diperlukan sebuah nama domain dan web hosting? Lalu, apakah nama domain dan web hosting itu?

Pengertian Nama Domain

Domain adalah sebuah nama untuk identitas sebuah website. Google.com, Facebook.com dan nama website lainnya adalah Domain. Jika diibaratkan dengan sebuah smartphone, maka domain adalah kartu perdananya (bisa telkomsel, indosat dll). 

Teman atau saudara dapat menghubungi kita karena mengetahui no kartu yang kita miliki, bukan karena merk atau jenis smartphone yang kita gunakan. Singkatnya, orang dapat mengakses website kita karena mengetahui nama domain yang kita miliki baik mengetahui melalui mesin pencari seperti google atau lainnya.

Pengertian Web Hosting

Jika kita dapat mengibaratkan domain dengan kartu perdana, maka web hosting adalah smartphone-nya dimana kita dapat menjawab panggilan telp, pesan whatsapp dan sms melalui smartphone kita.

Singkatnya, domain adalah alamat dari sebuah website dan web hosting merupakan server dimana file-file website tersebut disimpan. Artinya, jika Anda ingin membuat website maka akan membutuhkan nama domain (.com, .id dll) dan web hosting. 

Lalu, apakah ada layanan yang menyediakan domain dan hosting gratis?

Ada dan blogspot adalah salah satunya. Anda dapat membuat website secara gratis karena blogspot (platform blog milik google) yang akan menyediakan nama domain gratis untuk Anda dengan tambahan *.blogspot.com (misal: nana.blogspot.com) dan hostingnya.

Untuk pemula dan personal, blogspot sudah cukup baik. Namun, jika ingin membuat website yang lebih profesional seperti nana.com, maka Anda akan membutuhkan nama domain dan web hosting. Anda dapat membeli nama domain dan web hosting di sebuah layanan web hosting dan harganya sangat bervariasi, sesuai dengan ekstensi domain dan spesifikasi hosting yang Anda gunakan.

Jadi, sudah pahamkan apa itu nama domain dan web hosting?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline