Lihat ke Halaman Asli

Tim KKN-T IPB University Mengenalkan Pengolahan Sampah kepada Siswa-Siswi SDN Cihara 1 dan SDN Cihara 2, Desa Cihara, Kabupaten Lebak, Banten

Diperbarui: 24 September 2022   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Foto bersama Tim KKN-T IPB University dengan SDN Cihara 1/Dok. pribadi)

(Foto bersama Tim KKN-T IPB University dengan SDN Cihara 2/Dok. pribadi)

Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB University di Desa Cihara, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten telah melaksanakan kegiatan belajar-mengajar di SDN Cihara 1 dan SDN Cihara 2 dengan sasaran seluruh kelas 1-6 di kedua SDN. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh sistem pengolahan sampah di Desa Cihara yang dinilai kurang baik sehingga bertujuan meningkatkan kesadaran dalam perilaku hidup bersih sejak dini serta meningkatkan nilai guna daur ulang sampah menjadi sesuatu yang dapat dijual.

(Pembuatan pupuk kompos oleh Mahasiswa IPB University/Dok. pribadi)

(Pembuatan pupuk kompos oleh siswa SDN/Dok. pribadi)

Kegiatan belajar-mengajar dibuka dengan interaksi interaktif melalui pertanyaan sederhana seputar sampah, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan, jenis, dampak, dan penanggulangan sampah di ruang kelas. Selain kegiatan belajar-mengajar, siswa dan siswi juga diberikan latihan keterampilan dalam menanggulangi sampah anorganik menjadi barang-barang sederhana seperti tempat pensil dan pot bunga. Sedangkan siswa-siswi kelas 4, 5, dan 6 dilakukan demonstrasi melakukan pembuatan pupuk kompos dengan bahan-bahan yang bersifat organik (sisa makanan dan daun kering) sebagai bahan dasar. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian masker gratis sebagai bentuk himbauan untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan memberikan snack kepada siswa-siswi SDN 01 dan 02 Cihara sebagai bentuk apresiasi telah mengikuti kegiatan.

(Pembuatan kerajinan dari sampah plastik/Dok. pribadi)

Harapan dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SDN Cihara 1 dan SDN Cihara 2 mampu meningkatkan keterampilan tangan dan memahami pentingnya penanggulangan sampah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline