Lihat ke Halaman Asli

Pemerataan Akses Pendidikan Berkualitas di Indonesia (SGD4)

Diperbarui: 22 Agustus 2023   22:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan adalah komponen konstruksi yang sangat penting. Tidak mungkin memisahkan proses pendidikan dari proses konstruksi itu sendiri. Kelangsungan hidup dan kemajuan bangsa, khususnya bagi negara-negara yang sedang dalam proses berkembang, dipengaruhi oleh rendahnya pendidikan formal. Mengingat pentingnya pendidikan yang begitu pentingnya baik bagi individu maupun golongan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), karena dapat berpengaruh secara penuh untuk pertumbuhan bangsa dan negara tidak hanya berpengaruh pada produktifitas tetapi juga berpengaruh pada fasilitas di masyarakat. Menurut Arwildayanto (2018), pendidikan merupakan satu-satunya aspek terpenting dalam kehidupan manusia untuk kesejahteraan sosial. Meskipun Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki sistem hukum yang mendorong pendidikan menjadi landasan untuk meningkatkan taraf hidup seluruh warga negaranya, pendidikan di sana saat ini menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan kualitas. Sebagai warga negara Indonesia, mempunyai hak atas pendidikan berdasarkan UUD 1945, yang menyerukan kepada pemerintah untuk mempunyai kewajiban hukum untuk menjunjung tinggi hak atas pendidikan guna menjamin kualitas hidup setiap bangsa. Pendidikan adalah alat penting untuk mencapai kemajuan bangsa dan berfungsi sebagai mercusuar untuk memahami zaman perkembangan dalam setiap prosesnya. Pendidikan di negara-negara telah menjadi salah satu perhatian khusus untuk melihat bagaimana warga di seluruh Indonesia dapat menikmati akses pemerataan.

Pendidikan berkualitas bagi masyarakat masyarakat adalah keadaan pendidikan di Indonesia yang masih harus ditingkatkan hingga kini. Karena kurikulum di Indonesia dilaporkan masih kalah dengan kurikulum di negara lain, maka Pemerintah juga harus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di sana. Ini termasuk meningkatkan standar untuk pengajaran, pembelajaran, dan fakultas, serta untuk siswa dan orang tua. Untuk meningkatkan kualitas dan keberagaman pendidikan di Indonesia, guru mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan yang ketat dan tidak memihak kepada siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, guru juga mempunyai rencana untuk menaikkan standar di Indonesia karena siswa yang memiliki standar yang tinggi adalah keturunan dari guru yang memiliki standar yang tinggi pula. Oleh karena itu, kebutuhan akan mentor profesional saat ini sangat besar, terutama untuk meningkatkan standar pendidikan di daerah pedesaan dimana akses terhadap teknologi terbatas.
Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia masih kurang meluas dan masih banyak masyarakat yang tidak dapat memenuhi haknya dalam memperoleh pendidikan dan kehidupan yang layak pada era revolusi industri 4.0 serba modern seperti saat ini. Di bidang pendidikan, "Revolusi Industri 4.0" merupakan respon terhadap kebutuhan untuk menghasilkan individu yang inovatif dan kreatif (Sasikirana, & Herlambang, 2020). Dengan bantuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang masuk dalam agenda pembangunan Majelis Umum PBB tahun 2030, permasalahan pendidikan di Indonesia harus teratasi. Indonesia terus bergelut dengan sejumlah permasalahan pendidikan yang berdampak pada tidak dapat diandalkannya sistem pendidikan di negara ini.

Berdasarkan hal tersebut, pemerintah provinsi lain harus berpartisipasi aktif dalam inisiatif tersebut di atas agar pendidikan Indonesia maju dari sisi kualitas dan memenuhi tujuan SDG yaitu peningkatan kualitas pendidikan yang akhir-akhir ini dialami di sejumlah provinsi. Provinsi lain dapat maju dengan memasukkan inisiatif terkait SDG dari negara tetangga. Mencermati kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan yang belum membaik dan banyak permasalahan yang muncul. Untuk mengatasi permasalahan ini, sangat disarankan agar beberapa provinsi lain melaksanakan SDGs dan mencapai tujuannya, khususnya di bidang pendidikan, sehingga Indonesia menjadi negara yang lebih kuat baik dari sudut pandang politik maupun ekonomi. Sebab, orang-orang yang terpelajar dapat memajukan dan membangun suatu bangsa di kemudian hari. bangsa yang berkualitas yang lahir dari pendidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline