Lihat ke Halaman Asli

Siska Rahmawati

Mahasiswa Gizi/Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta

Yuk, Jaga Kesehatan Mata Anda dengan Sering Konsumsi Makanan Ini!

Diperbarui: 24 Juli 2023   15:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tahukah Anda bahwa mata merupakan salah satu organ yang berperan sangat penting pada manusia?

Kesehatan mata harus selalu dijaga, karena mata berfungsi sebagai indera penglihatan. Mata yang sehat tentunya akan mudah menerima rangsangan dari luar berupa cahaya dan objek lainnya. Berbagai penyakit mata yang timbul akan mengganggu penglihatan seseorang, contohnya seperti mata kering, katarak, gangguan retina dan berbagai penyakit mata lainnya. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit mata tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai pencegahan berbagai penyakit mata adalah merubah pola makan menjadi lebih baik dengan mengkonsumsi sumber makanan bergizi, mulai dari sayuran, buah, ikan, daging, telur, susu dan olahannya. Makanan ini merupakan sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan mata.

Pada artikel kali ini akan dibahas 7 jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, loh. Yuk simak informasinya!

1. Wortel

Rekomendasi makanan untuk menjaga kesehatan mata yang pertama adalah wortel. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang manfaat sayuran oranye untuk kesehatan mata yang satu ini. Wortel adalah sayuran yang mengandung nutrisi beta karoten. Beta karoten akan diubah menjadi vitamin A ketika masuk ke dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui, salah satu manfaat vitamin A adalah menjaga kesehatan mata. Vitamin A memproduksi rhodopsin di retina yang berguna untuk penglihatan malam hari. Vitamin A juga dapat membantu menjaga kelembapan mata sehingga terhindar dari xerophthalmia atau mata kering.

2. Sayuran Hijau

Rekomendasi kedua adalah sayuran hijau yang diketahui memiliki berbagai nutrisi sehat, antara lain vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin ini dapat meningkatkan kesehatan mata dan memiliki peran penting dalam menjalankan fungsi mata. Selain kandungan vitamin C dan E, kebanyakan sayuran hijau juga mengandung antioksidan. 

Antioksidan ini mengandung zeaxanthin dan lutein yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak, melindungi sel mata dari sinar UV yang berbahaya dan efek radikal bebas berlebih serta paparan sinar biru. Ada banyak sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata contohnya seperti kale, bayam, brokoli, kangkung, sawi, dan lainnya.

3. Tomat

Tomat memiliki khasiat dengan berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata diantaranya yaitu vitamin A, vitamin C, dan likopen, lutein dan zeaxanthin. Senyawa lutein dan zeaxanthin dalam tomat mampu menyaring gelombang cahaya biru dari sinar ultraviolet B yang dapat berpotensi merusak jaringan mata. Konsumsi tomat bisa secara langsung, diolah menjadi jus, atau dicampur ke dalam masakan yang tidak terlalu matang. Aneka olahan tomat bisa menjadi alternatif makanan sehat untuk Anda.

4. Jeruk

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline