Lihat ke Halaman Asli

Siska Fajarrany

TERVERIFIKASI

Lecturer, Writer

Review Film "Pulau Hantu", Angkat Isu Kesehatan Mental

Diperbarui: 11 Oktober 2024   07:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film Pulau  Hantu (2024). (Sumber: Dok. MVP Pictures)

Film horor berjudul Pulau Hantu selalu teringat dalam ingatan. Menjadi salah satu film horor fenomeal bagi masyarakat Indonesia pada tahun 2000-an.

Saking nge-hitsnya saat itu, tak tanggung-tanggung sampai tercatat merilis 3 film dengan judul yang sama. Ketiga film Pulau Hantu saling berkait. Melanjutkan kisah dari film sebelumnya.

Pertama, MVP Pictures menggandeng sutradara Jose Purnomor untuk film Pulau Hantu yang rilis pertama pada tahun 2001. Tepatnya pada 31 Oktober 2007.

Film ini, melambung nama aktor tenama yang kini dikenal luas oleh masyarakat. Ricky Harun berperan sebaga Dante yang menjadi pemeran utama.

Keberhasilan film Pulau Hantu (2007), kembali dilanjutkan dengan film Pulau Hantu 2 yang rilis pada tahun 2008. Hanya jeda satu tahun saja, penonton kembali melanjutkan kisah Dante dan kawan-kawan. 

Tak banyak yang berubah, Ricky Harun tetap diberikan kepercayaan menjadi karakter Dante. Bahkan semakin banyak aktor-aktor ternama yang terlibat, mulai dari Nicky Titra, hingga Reza Rahadian. Jose Purnomo pun masih menjadi sutradara kelanjutan dari film ini.

Film Pulau Hantu 2 (2008). (Sumber: klik bioskop via kompas.com)

Kembali ingin mendapatkan euforia atas keberhasilannya, MPV Pictures kembali merilis film Pulau Hantu 3 pada tahun 2012. Jose Poernomo pun masih mendapatkan kepercayaan sebagai sutradara. Namun kini sorotan cerita ditujukan pada Nero yang dibintangi oleh Abdurrahman Arif. Bagi penonton yang sudah menonton film Pulau Hantu pertama dan kedua, pasti sudah tahu siapa sosok Nero.

Selang beberapa tahun yang cukup lama, MVP Pictures kembali membuat remake film Pulau Hantu. Judulnya sama persis seperti ketiga film sebelumnya, tetapi tidak ada penambahan angka 4 dalam judul. Hal itu karena film Pulau Hantu yang terbaru ini sama sekali tidak ada keterkaitan dengan ketika film sebelumnya. Mulai dari sutradara, pemeran, hingga alur cerita yang tidak lagi sama.

Film Pulau Hantu yang rilis pada 10 Oktober 2024 ini, memberikan nuansa baru yang lebih segar. Namun tetap ingin membuat penonton setianya merasa bernostalgia dengan kejayaan film-film sebelumnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline