Lihat ke Halaman Asli

Siska Fajarrany

TERVERIFIKASI

Lecturer, Writer

Sempat Kejang di GOR Yogyakarta, Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia

Diperbarui: 1 Juli 2024   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pebulu tangkis muda China, Zhang Zie Jie, tutup usia ketika bertanding melawan Jepang (30/6/2024) .(Sumber: PBSI via kompas.com) 

Kabar duka menimpa atlet bulu tangkis berkebangsaan China. Atlet bernama Zhang Zhi Jie adalah pemain tunggal putra yang meninggal dunia pada saat membela China pada kejuaraan Asia Yunior atau Asia Junior Championship (AJC) 2024.

Zhang Zhi Jie merupakan salah satu talenta tunggal putra yang dimiliki China. Kemampuannya menaruh harapan besar kepadanya agar bisameneruskan tradisi  negeri Tirai Bambu setelah era Chen Long, Lin Dan, dan Shi Yuqi. Mengingat usianya juga terbilang sangat muda. Kelahiran tahun 2007.

Tepatnya pada Minggu, 30 Juni 2024, Zhang yang mewakili negara China melawan atlet Jepang yang bernama Kazuma Kawano di GOR Amongrogo Yogyakarta. Pada saat papan skor menunjukkan 11-11, Zhang Zhie Jie tiba-tiba mengalami kejang-kejang sebelum jatuh pingsan dan diboyong ke rumah sakit. 

Zhang Zhi Jie dibawa ke rumah sakit menggunakan ambulans siaga dalam waktu kurang dari dua menit. Namun nyawa Zhang Zhie Jie tidak bisa diselamatkan. Dinyatakan meninggal pada Minggu, 30 Juni 2024 pada pukul 23.20 WIB. 

Video singkat ramai diperbincangkan di media sosial. Menampilkan detik-detik Zhang Zhi Jie saat melawan Kazuma Kawano. Mulanya nampak baik-baik saja. Sampai akhirnya Zhang terkapar dan tubuhnya mengalami kejang. 

Ucapan duka dari para pecinta bulu tangkis bertebaran di media sosial. Tidak hanya warga negara China saja, seluruh masyarakat di dunia yang mengikuti kejuaraan ini tentu turut berduka. Mengingat kabar duka ini terlalu mendadak dan terjadi pada saat pertandingan berlangsung.

Begitupula bagi warganet asal Indonesia. Zhang menghembuskan napas terakhirnya di Yogyakarta. Warganet turut berduka mengetahui kabar ini. Ucapan duka dan doa terbaing untuk sang Atlet terpanjatkan pada kolom komentar di media sosial.

Menurut laman resmi Badminton World Federation (BWF), terdapat sekilas informasi yang dapat diketahui mengenai Zhang Zhi Jie sebagai salah satu atlet muda asal China. Dikatakan Zhang Zhi Jie merupakan atlet bulutangkis yang masih berusia sangat muda yakni 17 tahun. Tercatat Zhang Zhi Jie lahir pada tanggal 30 Januari 2007.

Sebagai informasi tambahan, Zhang Zhi Jie adalah atlet bulu tangkis muda dari China. Ia berasal dari Jiaxing, Provinsi Zhejiang, China.  Sejak kecil, Zhang sudah tertarik pada olahraga bulu tangkis. Kemampuannya dalam olahraga bulu tangkis, membawa dirinya masuk ke Sekolah Olahraga Pemuda Jiaxing. Bahkan diringan juga bergabung ke dalam tim provinsi Zhejiang.

Kariernya dalam olahraga bulu tangkis terbilang melesat dengan cepat dengan usia yang relatif sangat muda. Ia sudah bertanding pada sejumplah turnamen bulu tangkis. Baik dalam skala nasional, maupun internasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline