Lihat ke Halaman Asli

The Super Power of Logistic: JNE Bersama Masa Depan Tanpa Masa Lalu yang Hilang

Diperbarui: 29 Juli 2024   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir alias JNE telah menjadi salah satu pelaku perubahan bidang logistik di Indonesia selama lebih dari 3 dekade. JNE menjadi salah satu perusahaan yang memiliki kisah dan perjalanan yang sangat luar biasa dalam pelayanan bidang logistik. Perjalanan perjuangan yang tidak lepas dari semangat, kreativitas, inovasi, perkembangan, dan energi tanpa batas yang membahwa JNE bisa terus eksis hingga saat ini. Artikel dengan judul, "The Power of Logistic: JNE Bersama Masa Depan Tanpa Masa Lalu yang Hilang" ini menggambarkan bahwa JNE selama 33 tahun telah mampu mewujudkan pelayanan bidang logistik yang sangat baik hingga menjadi perusahaan logistik terkemuka di Indonesia. JNE tetap terus berdiri dan berkembang baik dari inovasi maupun kreativitasnya namun tetap merangkul masa lalunya sebagai kenangan sekaligus juga patokan dalam perbaikan-perbaikan dari segi hal apapun yang lebih baik lagi. Maka, artikel ini akan membahas kisah kasih JNE selama lebih 3 dekade untuk melayani masyarakat Indonesia dalam pelayanan logistik.

Perusahaan logistik terkemuka di Indonesia ini memiliki visi, "Menjadi Perusahaan Logisstik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global", sehingga tujuan tersebut memberikan energi, semangat, terus berinovasi,  dan optimis untuk selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanannya di bidang logistik terkhusus kepada masyarakat Indonesia. Sejak berdirinya JNE pada tahun 1990 hingga kehadirannya saat ini di tahun 2024 telah meraup berbagai pencapaian-pencapain luar biasa yang dihasilkan dari kreativitas dan inovasinya untuk terus berkembang menjadi pelayanan logistik terbaik terkhusus di persaingan global. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan inovasi-inovasi pelayanannya dari masa ke masa, mulai dari JNE Express, JNE Trucking, hingga JNE Freight. Tentu pencapaian-pencapaian tersebut tidak terlepas dari dedikasi para karyawan yang berkerja tanpa kenal lelah untuk memberikan hasil maksimal sekaligus kepercayaan bagi pelanggan-pelangganya.

Selama 33 tahun perjalanannya, JNE terus optimis untuk menghadirkan pelayanan yang cepat, aman, dan terpercaya. serta membuat proses pengiriman menjadi lebih efektif dan efisien. Adaptasi dengan perkembangan tentu juga menjadi tantangan bagi setiap industri, termasuk bagi JNE itu sendiri. Namun, JNE tetap terus melakukan perkembangan sesuai dengan teknologi yang ada. Seperti yang sudah diketahui, bahwa JNE telah mampu mengimplementasikan teknologi masa kini, seperti sistem pelacakan real-time, aplikasi mobile untuk kemudahan akses layanan, hingga terciptanya e-commerce yang terintegrasi.

Dari perjalanan 33 tahun tersebut, pencapaian-pencapaian JNE telah dibuktikan dengan berbagai penghargaan-penghargaan yang diperolehnya. Penghargaan tersebut mulai Best Logistics Partner Most Consistent, Indonesia 20 Best Companies Kategori Courier Service, Best Courier Category, hingga Digital Popular Brand 2024 Category: Corier Service. Tentu penghargaan-penghargaan tersebut mencerminkan bahwa JNE memang diakui kinerja dan brandnya sebagai perusahaan logistik yang luar biasa, baik dari segi kinerja maupun pelayanannya. Tidak berhenti pada penghargaan-penghargaan tersebut, bahkan JNE juga ikut andil dalam bidang kemanusiaan, memberikan bantuan atas permasalahan-permasalahan yang terjadi tidak hanya di Indonesia namun juga hingga luar negeri. Hal tersebut juga dibuktikan dalam penghargaan-penghargaan yang telah diterima, misalnya Indonesia Best 50 CSR Brand Equity Awards 2024 Kategori Courier Service, Program Pengiriman 1 Juta Al-Qur'an, Penghargaan UMKM Summit 2024, hingga Penghargaan Kolaborasi Palestina dan Tokoh Pemberdayaan.

Tidak berhenti pada pencapaian ataupun penghargaan yang diperoleh oleh JNE, namun kepuasan-kepuasan pelanggan juga menjadi hal yang didapatkan oleh JNE sebagai perusahaan logistik yang memuaskan. Beberapa kepuasan tersebut dapat dibuktikan dengan komentar-komentar yang disuarakan oleh beberapa konsumen atau perusahaan mitra pada website perusahana JNE itu sendiri. Salah satunya, yakni Tokopedia sebagai salah satu perusahaan mitranya yang mengatakan bahwa, "JNE telah memberikan layanan logistik yang unggul dan terjangkau kepada ratusan juta pengguna kami yang tersebar di 99% kabupaten di Indonesia", tulis Edwin Mailoa, VP of Logistic Tokopedia. Maka, tentu masyarakat juga tidak berhenti berharap untuk terus mengandalkan JNE dalam mengurus atau melayani berbagai kebutuhannya dalam bidang kelogistikkan. Sehingga diharapkan pula bahwa JNE dapat terus membawa nilai-nilainya mulai dari kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, dan visioner sebagai kunci agar JNE terus gas maju menjadi perusahaan yang tidak hanya berkembang untuk dikenal masyarakat lebih hangat namun juga menebarkan manfaat bagi sekitarnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline