Lihat ke Halaman Asli

SISKA ARTATI

TERVERIFIKASI

Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

"Kangen", One Hit Wonder Masa Kertas Surat dan Merangkai Rindu di Balkon Asrama

Diperbarui: 28 Juli 2024   17:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar: https://www.vagansa.com

Kompasiana mengajukan topik pilihan tentang one hit wonder, berkaitan dengan tembang yang senantiasa menghias dalam ingatan. Setiap lagu memiliki masa jayanya dan setiap insan memiliki kenangan bersama tembang kesukaannya.

Ada yang sangat mengena dalam benak hingga tergiang sepanjang kala, karena lirik lagu yang tersemat persis sama seperti yang dialami masa itu. Ada yang membuat tersipu karena kejadian lucu ketika terdengar lagu yang menjadi latar kisah yang seru.

Begitu pula tembang Kangen dari Dewa 19 yang membuat kenangan menari-nari, yang mewakili perasaan rindu menggebu, menuangkannya di atas kertas surat berlembar-lembar, tanpa jeda, hingga goresan rasa itu rapi tersusun dalam amplop dan siap kirim esok pagi.

***

Lagu Kangen yang diciptakan oleh Ahmad Dhani untuk Grup Band Dewa 19 rilis tahun 1992. Tembang ini merupakan karya dari single perdana bertajuk 19 dari grup asal Surabaya.

Nama DEWA diambilkan dari inisial masing-masing personil awal bentukannya yaitu Dhani Ahmad (Keyboard, vokal), Erwin Prasetya (bass), Wawan Juniarso (drum) dan Andra Junaidi (gitar).

Sedangkan angka 19 diambil berdasarkan usia para peraonil grup yang rata-rata berusia 19 tahun saat itu.

Lirik lagu yang mengisahkan curahan hati akan kerinduan seseorang kepada kekasih, sangat mengena dan mewakili perasaan saya yang pada tahun itu merantau dari kota kecil ke ibukota provinsi guna menjalani masa kuliah. 

Terpisah oleh jarak dan waktu, maka komunikasi yang saya lakukan dengan orang-orang terkasih di hati, hanya bisa tersampaikan melalui surat-menyurat. Baik kepada Ibu, kakak, sahabat, teman-teman masa sekolah dan tentunya seseorang -- yang pernah mengisi palung rindu-- yang menempuh kuliah di kota yang berbeda.

Awal saya tahu ini karena sahabat satu kampus menginfokan adanya tembang hit ini sering di putar di radio-radio ternama kota kami. "Lagune apik, Sis. Persis kayak kesukaanmu, nulis surat, khusus nggo Mas-mu," bilangnya sambil tertawa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline