Lihat ke Halaman Asli

SISKA ARTATI

TERVERIFIKASI

Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Haru dan Bangga Menyelimuti Momen Lepas Kenang Anak Berkebutuhan Khusus

Diperbarui: 25 Juni 2023   19:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sesi Foto Bersama ABK Istimewa dan Orang Tua Hebat (Dok.Pri. Siska Artati)

Pada hari kamis siang pekan lalu, sahabat saya mengirim pesan melalui whatsapp, mengajak saya untuk hadir pada acara perpisahan anak-anak berkebutuhan khusus asuhan dari Pelita Bunda Education Center Samarinda. Acara akan diselenggarakan pada hari Sabtu.

Sebuah kehormatan bagi saya atas ajakan tersebut, karena selama hampir dua puluh tahun lebih bersahabat dengannya, sahabat saya ini sangat jarang mengajak saya untuk melihat langsung kegiatan terapi anaknya. Meski secara langsung atau tidak, saya mengikuti perkembangan anaknya yang sangat signifikan dalam tumbuh kembang layaknya anak normal.lainnya.

Tentu saja saya antusias menyambutnya. Dan, atas izin suami, pada Sabtu, 24 Juni 2023, saya turut mendampingi acara lepas kenang anak-anak asuhan Pelita Bunda Education Center. Acara semacam wisuda ini diikuti oleh 11 anak dari usia Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas, bertempat di Hotel Royal Park Samarinda.

***

Para Mems/edukator tampil menyanyikan Mars Pelita Bunda (Dok.Pri. Siska Artati)

Dalam sambutannya, Ketua Panitia menyampaikan bahwa lepas kenang tahun ini mengambil tema The Amazing Under Sea. Bagi para mems (sebutan untuk para pendidik atau edukator atau terapis ABK) dan orang tua, anak-anak berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang penuh anugerah dari Yang Maha Kuasa dengan keistimewaan masing-masing. 

Hanya saja, kita baru bisa melihat kemampuan mereka di permukaannya saja, yang tampak berbeda dari anak lainnya. Namun sebenarnya jauh dalam eksplorasi diri, mereka memiliki keajaiban diri di tiap pribadi, memiliki keinginan dan mimpi yang sama dengan anak-anak lainnya untuk meraih cita-cita. 

Layaknya laut yang tampak tenang meski ada gelombang dan riak, ia menyediakan pemandangan yang sangat indah dan tidak setiap orang bisa menyelam, mendalami isi lautan yang menawarkan pemandangan sangat menakjubkan. Beyond the sea is very amazing. Demikian penggambaran para edukator kepada anak-anak asuhannya. Ya, mereka berterima kasih kepada anak-anak hebat dan orang tua yang kuat dan sabar di setiap proses pendampingan terapi.

***

Aryo saat membacakan doa (Dok.pri. Siska Artati)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline