Lihat ke Halaman Asli

SISKA ARTATI

TERVERIFIKASI

Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Ingin Tahu "Ritual" Sebelum Menulis yang Dilakukan Para Kompasianer? Plis, Cekidot!

Diperbarui: 30 Desember 2022   18:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar: https://id.wikihow.com

Teringat saat mengikuti Webinar bersama Dee Lestari garapan Komunitas Penulis Mettasik, bahwa seseorang biasanya memiliki 'ritual' unik dan menarik sebelum menuangkan ide di kepala ke dalam sebuah tulisan.

Mbak Dee sendiri bilang, biasanya yang dirinya lakukan sebelum menulis -sependek ingatan saya- beliau melakukan olahraga dan meditasi.

Bagi penulis novel best seller ini, ide adalah suatu hal yang dinamis dan bergerak. Akan terwujud jika ide dieksekusi dalam sebuah karya tulisan. 

Nah, ide itu bergerak dinamis dalam pikiran kita, masa' sih yang punya badan nggak bergerak dan menggerakkan tubuhnya untuk bisa menuangkan ide yang telah menghampirinya.

Itulah sebabnya Mbak Dee hobi banget berolahraga agar ide-ide yang menghampirinya makin cemerlang, plus melakukan meditasi. 

Dengan bermeditasi, beliau merasa tenang, fokus, dan konsentrasi dengan apa yang akan dilakukan dan dituliskannya sebagai karya novel atau ketika membuat lirik lagu.

***

Saya pribadi juga memiliki 'ritual' beberapa saat sebelum menulis. Ada rasa kurang lengkap, kurang sreg, kurang tenang kalau saya belum melakukannya. Apalagi saya sedang otewe mengikuti Marathon Writing Festival bersama Komunitas Menulis Online (KMO) Chapter Jawa Timur untuk menuju karya solo dengan membuat kumpulan cerpen. Ritual ini makin saya kencengin agar ketikan jemari saya lancar jaya menuangkan ide yang muncul di kepala.

Yang pasti bukan ritual mistis dengan menyalakan lilin, bakar kemenyan, merapal jampi-jampi. Itu mah ritual ngepet, ya. Maaf, bercanda.

Pula ritual ini juga saya lakukan tiap kali mau nulis artikel di Kompasiana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline