Lihat ke Halaman Asli

SISKA ARTATI

TERVERIFIKASI

Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Pertama Kali Bikin Tongseng Daging Sapi, Inilah Hasilnya!

Diperbarui: 27 Juli 2021   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tongseng Daging Sapi ala Siska Artati | Dokumentasi pribadi

Sepekan sudah Idul Adha berlalu, namun stok daging qurban masih tersedia di kulkas. 

Selama itu pula, saya berburu resep masakan daging kambing dan sapi, baik melalui unggahan sesama Kompasianers, obrolan kawan-kawan di sebuah grup WhatsApp, ngobrol melalui jalur pribadi, nonton tutorialnya di kanal YouTube. 

Bahkan ada yang langsung saya telpon biar makin jelas tahapan mengolah daging dan menyiapkan bumbu masakannya, demi bisa memasak yang lebih variatif.

Oiya, bagaimana kabar pembaca hari ini? Sehat selalu ya. Bergembiralah, meskipun pandemi masih membersamai. Kita harus tetap bahagia dan semangat menjalankan aktivitas di rumah. 

Seperti halnya ketika mengolah masakan Daging Sapi Masak Malbi pekan lalu, kali ini sebelum memasak Tongseng Daging Sapi ala Siska Artati, saya marinasi daging sapi terlebih dahulu.

***

Marinasi adalah proses perendaman daging di dalam marinade, sebelum diolah lebih lanjut.

Marinade adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam daging (termasuk juga daging unggas dan seafood), biasanya digunakan untuk menambahkan flavor atau cita rasa dan/atau meningkatkan keempukan daging. 

Variasi marinade sangat banyak dengan kekhasan formulanya masing-masing. Pemilihan marinade karenanya menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan daging yang lezat. 

Kenapa pilihan saya jatuh pada masakan tongseng?

Karena saya belum pernah sama sekali masak tongseng dari hasil masakan tangan saya sendiri. Sedangkan saya suka banget masakan jenis ini jika berkesempatan makan di luar rumah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline