Lihat ke Halaman Asli

Siska Amelia

Mahasiswa institut agama Islam Syarifuddin

Tugas Logika BKI IAI Syarifuddin

Diperbarui: 1 November 2023   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai mahasiswa, saya dapat memahami karakteristik diri saya melalui penalaran deduktif. Saya Siska Amelia sebagai mahasiswa Prodi bimbingan konseling Islam, IAI Syarifuddin Lumajang , Saya memiliki komitmen untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan saya melalui proses belajar. Sebagai poin awal, Saya bisa menyatakan bahwa sebagai mahasiswa, tujuan utamanya adalah mendapatkan ilmu , pengetahuan, relasi dan juga gelar akademis.

Dalam narasi deskripsi diri dengan menggunakan penalaran deduktif, Saya dapat merinci peran dan tanggung jawab yang melekat dalam perjalanan pendidikan Saya. Misalnya, Saya bisa berargumen bahwa sebagai mahasiswa, Saya memiliki tanggung jawab untuk mengelola waktu dengan efisien, berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, dan menyelesaikan tugas-tugas dengan penuh dedikasi.

Lebih lanjut, saya dapat mengetahui sifat-sifat yang mungkin dimiliki seorang mahasiswa. Saya bisa menyimpulkan bahwa kemampuan analitis dan kritis menjadi bagian integral dari identitas saya sebagai mahasiswa. dan analisis suatu masalah yang merupakan bagian tak terpisahkan dari lingkungan akademis.

Dalam penalaran deduktif, Saya dapat merinci pula dampak dari peran mahasiswa terhadap lingkungan sosial dan masyarakat. Saya mungkin menyimpulkan bahwa sebagai mahasiswa, Saya memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi pada masyarakat melalui pengetahuan dan keterampilan yang Saya peroleh selama masa studi.

Mungkin Saya menyimpulkan bahwa kemauan untuk terus belajar, rasa ingin tahu yang tinggi, dan semangat untuk mencapai prestasi akademis adalah beberapa sifat yang dapat dihubungkan dengan mahasiswa.

Selanjutnya, saya dapat menyimpulkan bahwa partisipasi dalam diskusi kelas, kolaborasi dengan rekan mahasiswa, dan berinteraksi dengan dosen adalah suatu pengalaman yang membentuk identitas Saya dalam konteks akademis.

Sebagai kesimpulan dari pendekatan deduktif ini, Saya dapat menegaskan bahwa sebagai mahasiswa, kita tidak hanya menjalani proses pendidikan tinggi, tetapi juga mengembangkan karakteristik khusus yang meningkatkan komitmen terhadap pembelajaran, keterampilan analitis, kontribusi masyarakat, dan interaksi sosial yang positif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline