Lihat ke Halaman Asli

Siska

Universitas Pendidikan Indonesia

MBKM Magang Mandiri Pendidikan Masyarakat UPI 2024: Peningkatan Hard Skills dan Soft Skills di DP3AKB Provinsi Jawa Barat

Diperbarui: 14 Juni 2024   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi MBKM Magang Mandiri UPI

Pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan karakter manusia. Perguruan tinggi merupakan salah satu wadah pengembangan minat dan bakat yang nantinya akan mencetak para generasi muda yang berbakat dan professional melalui berbagai program yang ada, salah satunya yaitu program magang mandiri. Program magang mandiri adalah upaya mengembangkan pengetahuan, membangun keterampilan dan memantapkan sikap melalui learning by doing dan upaya membiasakan mahasiswa sejak dini kepada dunia kerja.

Jurusan Pendidikan Masyarakat adalah program studi yang berfokus pada pengembangan pendidikan di luar sistem sekolah formal. Jurusan ini berada dibawah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurusan ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola, merancang, dan melaksanakan program-program pendidikan yang ditujukan untuk masyarakat umum. Program magang mandiri merupakan bentuk penyusunan tugas akhir pada semester 6. Jurusan pendidikan masyarakat memberikan peluang luas bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup melalui pendidikan. Prospek kerja bagi lulusan jurusan pendidikan masyarakat cukup luas, salah satunya bekerja di instansi pemerintah yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat adalah sebuah lembaga pemerintahan yang tugas dan fungsi utamanya diantaranya meningkatkan peran dan kualitas hidup perempuan dalam berbagai aspek, termasuk ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial. Selain itu fungsinya menyediakan perlindungan dan memastikan kesejahteraan anak-anak dari berbagai bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi. Fokusnya adalah pada hak-hak anak dan memastikan mereka tumbuh dalam lingkungan yang aman dan mendukung. Serta mengelola program-program keluarga berencana untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. Program ini mencakup edukasi tentang kesehatan reproduksi, kontrasepsi, dan perencanaan keluarga yang sehat dan sejahtera. Salah satu bidang di DP3AKB Provinsi Jawa Barat ini yaitu Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga (PKK). Bidang ini mempunyai 3 bagian atau seksi diantaranya Ketahanan Keluarga (KK), Keluarga Berencana (KB) dan Pengendalian Penduduk (Dalduk) yang memfasilitasi kegiatan magang mandiri untuk mahasiswa jenjang S1 dan relevan dengan jurusan pendidikan masyarakat. Magang mandiri di DP3AKB Provinsi Jawa Barat ini diikuti oleh tiga (3) orang mahasiswa yaitu Iis Malnava Sari ditempatkan di seksi KK, Wita Fricilia L Gaol ditempatkan di seksi KB dan Siska ditempatkan di seksi Dalduk. Ketiga mahasiswa dari Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia dibawah bimbingan ibu Dr. Viena Rusmiati Hasanah, S.IP, M.Pd sebagai Dosen Pendamping Jurusan Pendidikan Masyarakat (UPI) serta ibu drh. Iin Indasari, M.P sebagai Dosen Pembimbing Lapangan, Bidang PKK (DP3AKB Provinsi Jawa Barat).

 

Kesan dan Pesan dari Ketiga Mahasiswa Magang

Menurut mahasiswa yang bernama Siska ini mengatakan bahwa kesannya selama magang dapat banyak sekali ilmu yang bermanfaat untuk masa yang akan datang. Bertugas di bagian pengendalian penduduk juga sebuah kesempatan untuk menggali lebih banyak lagi pengalaman yang melibatkan masyarakat luas. Pesan yang bisa saya sampaikan kepada DP3AKB Prov Jawa Barat khususnya Bidang PKK terima kasih telah menerima dan mempercayai saya beserta teman-teman untuk magang yang menjadi salah satu syarat penyelesaian tugas akhir semester. Juga berterima kasih kepada bagian atau seksi Pengendalian Penduduk sudah mempercayai saya dan melibatkan di setiap kegiatan yang diselenggarakan. Sukses selalu untuk bapak/ibu.

Selain itu, Wita Fricilia L Gaol juga menyampaikan kesannya menjalani masa magang selama 4 bulan di Bidang PKK, merupakan suatu pengalaman yang sangat saya syukuri, bahkan akan selalu dikenang. Terimakasih atas segala ilmu dan kesempatan Bapak/Ibu telah mempercayai saya. Berkat magang di DP3AKB Jabar, saya lebih paham akan bagaimana Kehidupan di dunia kerja dan juga mengetahui secara nyata akan Kondisi di Lapangan. Terimakasih juga kepada Ibu Ani W, Ibu Fitri, Ibu Atik selaku Bagian dari Seksi Keluarga Berencana atas Ilmu yang telah diberikan. Adapun pesannya tidak ada hal lain yang bisa saya sampaikan, selain ucapan Terima Kasih. Semoga Bapak/Ibu Bidang PKK DP3AKB Jabar selalu sukses, Aaminn.

Tidak terlewat mahasiswa bernama Iis Malnava Sari memberikan pendapat atas kesannya melakukan magang di DP3AKB Provinsi Jawa Barat merupakan pengalaman yang sangat berharga dan berkesan bagi saya. Di sini saya mendapat banyak sekali pengetahuan dan wawasan, keterampilan, serta pengalaman berharga yang tidak saya dapatkan di lingkungan kampus. Adapun pesannya saya bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya dapat magang di DP3AKB provinsi Jawa Barat khususnya bidang PKK. Saya berharap pengalaman dan pengetahuan yang saya peroleh dari magang di sini akan bermanfaat bagi saya di masa depan. Terimakasih atas bimbingan dan arah bapak/ibu yang senantiasa membimbing saya hingga akhir. Semoga sehat dan sukses selalu untuk bapak/ibu semuanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline