Lihat ke Halaman Asli

Siska Ulfia

fun is chump

Cara Budidaya Ikan Lele untuk Pemula

Diperbarui: 10 Agustus 2020   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Budidaya Ikan Lele - Salah satu usaha budidaya yang hingga kini selalu mempunyai kesempatan yang cerah adalah usaha budidaya pembesaran ikan lele. Seperti kita ketahui, ikan lele merupakan tipe ikan yang banyak dijadikan sebagai bahan mengonsumsi oleh masyarakat.

Bayangkan lakunya ikan ini, nyaris di tiap-tiap warung makan menyediakan ikan lele, khususnya warung makan yang buka di sore hingga malam hari.

Di kota-kota besar, mengonsumsi ikan lele konsisten meningkat sehingga sebabkan keinginan pasar termasuk meningkat. Ikan lele jadi pilihan banyak orang sebagai pelengkap nasi dikarenakan kaya nutrisi dan harganya pun terjangkau.

Selain itu, biaya operasional untuk budidaya lebih rendah dibandingkan bersama dengan peternakan unggas. Oleh dikarenakan itu, budidaya lele merupakan alternatif yang terlalu cocok untuk para pengangguran.

Budidaya Ikan Lele ini dapat dikerjakan bersama dengan tiga macam tipe kolam, yaitu kolam terpal (yang paling enteng dan murah), kolam tanah, dan kolam beton. Nah, dikarenakan usaha ini dapat dikerjakan oleh pengangguran yang notabene mempunyai modal terbatas, maka yang dijelaskan di sini adalah asumsi usaha budidaya lele di kolam terpal. Perlu diingat, sebelum akan terlalu terjun ke usaha ini, Anda perlu banyak membaca berkenaan langkah budidaya ini atau jikalau perlu ikuti pelatihan khusus budidaya lele kolam terpal.

Catatan: keuntungan ini adalah untuk panen pertama, untuk panen selanjutnya dapat lebih besar dikarenakan tidak perlu sebabkan kolam baru. Harga termasuk berbeda-beda di tiap-tiap kota, sehingga pengaruhi keuntungan. Asumsi ini tidak gunakan sewa daerah atau tanah, namun gunakan lahan teristimewa sehingga hemat modal awal. Asumsi ini termasuk tidak mempekerjakan karyawan, namun dikerjakan sendiri.

Budidaya Ikan Lele  Dalam Ember

Sekilas, budidaya ikan lele dalam ember terkesan hanya cuman candaan saja. Padahal, metode ini udah memadai banyak dilakukan, lho. Pada dasarnya, budidaya ikan lele dikerjakan melalui media kolam yang besar. Namun, tidak seluruh orang punya lahan luas. Maka dipilihlah berbagai type media lain yang enteng disesuaikan.

Budidaya ikan lele di dalam ember dapat jauh lebih irit biaya. Selain itu, tidak membutuhkan lahan yang luas untuk memulainya. Cara ini apalagi tergolong terlalu enteng dan bisa dikerjakan oleh siapa saja.

Budidaya ikan lele memakai media ember yaitu untuk keperluan mengonsumsi terkecil di dunia. Cocok untuk penduduk perkotaan yang padat penduduk. Untuk memulainya, pastikan Anda mempersiapkan peralatan dan keperluan lainnya berikut ini:

  • Siapkan ember 80 liter atau berdiameter 50 cm.
  • Bibit ikan lele
  • Strimin

Adapun cara pembudidayaannya adalah sebagai berikut:

  • Lubangi ember di anggota bawah samping untuk saluran pembuangan. Saluran berikut bisa terhitung Anda aplikasikan kran air untuk mempermudah pembuangan.
  • Isilah ember bersama dengan air. Namun, air yang diisikan jangan terlalu penuh. Tujuannya supaya ikan lele bisa mengambil hawa bersama dengan baik.
  • Biarkanlah air selama 3 hari supaya tidak terlalu asam. Jika air terlalu asam, tambahkanlah garam dapur setengah sendok makan. Dengan begitu, air dapat punya pH yang netral.
  • Masukkan benih ikan lele sebanyak 60 ekor untuk jumlah maksimum ukuran ember.
  • Untuk sirkulasi air, berilah filter akuarium. Selain itu, filter terhitung dapat menanggung ketersediaan oksigen yang memadai untuk lele tersebut.
  • Gunakanlah strimin untuk menutup ember supaya ikan lele tidak loncat.
  • Pastikan ember diletakkan di lahan kosong yang beroleh sinar matahari (tidak mesti luas).

Budidaya Ikan Lele  Dalam Drum

Makanan pecel lele jadi santapan yang paling lezat dan banyak peminatnya andaikata dicermati berasal dari banyaknya warung pinggir jalur atau resto yang menjual pecel lele. Oleh karena itu, bisnis ternak ikan lele pun merasa berkembang di sedang masyarakat karena permintaan ikan lele berasal dari pedagang terhitung merasa meningkat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline