Lihat ke Halaman Asli

sisi tysmayer

Mahasiswa Teknik

Selain Taati Prokes, Warga Kamang Mudiak Membuat Hand Sanitizer Alami Bersama Mahasiswa KKN Undip

Diperbarui: 10 Agustus 2021   11:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kamang Mudiak (27/7/21) – Dalam upaya melaksanakan program kerja untuk pencegahan penularan Covid-19, mahasiswa KKN UNDIP Tim 2 mengajarkan pembuatan Handsanitizer dari Aloe vera pada masyarakat Kamang Mudiak. 

Handsanitizer saat ini sangat dibutuhkan terutama saat kasus Covid-19 yang tak kunjung usai bahkan terdapat varian baru, sehingga handsanitizer merupakan suatu keharusan pada saat warga hendak keluar dari rumah.

Saat ini masyarakat masih kurang memperhatikan kebersihan tangan terutama ditempat yang susah ditemukan air dengan kegiatan ini mahasiswa KKN Tim 2 dapat mengajarkan masyarakat cara membuat handsanitizer serta menambah ilmu baru sehingga masyarakat mampu membuat handsanitizer sendiri. 

Dengan kegiatan yang dilakukan dengan mengajarkan cara pembuatan handsanitizer dari bahan aloe vera menjadi langkah bahwa dapat memanfaatkan tanaman disekitar lingkungan untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19 tanpa mengeluarkan banyak uang dan mudah dipraktikkan dirumah.

Dokpri

Masyarakat yang beraktivitas di luar diharapkan selalu membawa hand sanitizer pribadi, di masa pandemi ini dan hand sanitizer merupakan alat yang wajib dibawa kemana mana pada saat jauh dari tempat cuci tangan. Program KKN ini dilakukan dengan diawali menjelaskan cara-cara pencegahan Covid-19 yang salah satunya adalah menggunakan hand sanitizer bila ditempat yang susah ditemukan air. 

Dalam kegiatan ini didalamnya terdapat informasi mengenai hand sanitizer aloe vera beserta cara pembuatannya. Kemudian menjelaskan bahwa hand sanitizer dapat dibuat sendiri menggunakan bahan alami yang dapat ditemukan dilingkungan sekitar, contohnya adalah aloe vera dengan takaran yang telah di uji sehingga dapat membunuh mikroba ditangan.

Penulis             : Sisi Aera Melga Tysmayer

DPL                : Karnoto, S.T., M.T.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline