METODE MENGAJAR
Ratna Trisnawati
2015030003
Salah satu kemampuan dasar yangharus dimiliki guru adalah kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan prosesbelajar mengajar. Kemampuan ini membekali guru dalam melaksanakan tugas dantanggung jawabnya sebagai pegajar. Pada dasarnya, tanggung jawab dalammengembangkan profesi ialah tuntutan dan panggilan untuk selalu mencintai,meghargai, menjaga dan meningkatkan tugas dan tanggung jawab profesinya. Olehkarena itu, guru dituntut agar selalu meningkatkan pengetahuan, kemampuan dalamrangka pelaksanaan tugas profesinya.
Padahakekatnya, belajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidak bisadipisahkan satu sama lain. Belajar menunjukan pada apa yang harus dilakukanseseorang sebagai subjek yang menerima pelajaran (sasaran didik), sedangkanmengajar menunjuk pada apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pengajar.Oleh karena itu, seorang guru atau pengajar harus mengetahui jenis-jenis metodemengajar agar dapat menerapkan metode atau cara yang tepat dalam mengajar parapeserta didiknya. Diantara metode-metode mengajar yang sampai saat ini masihbanyak digunakan dalam proses belajar mengajar ialah sebagai berikut:
1. MetodeCeramah
Ceramah adalah penuturan bahan pelajaran secara lisan. Adadua hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan metode ini, yakni:
a. Menetapkanapakah metode ceramah wajar digunakan dengan mempertimbangkan tujuan yanghendak dicapai, bahan yang akan diajarkan termasuk buku sumbernya yangtersedia, alat, fasilitas, waktu yang tersedia, jumlah murid beserta tarafkemampuannya, kemampuan guru dalam penguasaan materi dan kemampuan berbicara,pemilihan metode mengajar lainnya sebagai metode bantu, serta situasi pada saatitu.
b. langkah-langkahmenggunakan metode ceramah. Pada umumnya tiga langkah pokok yang harusdiperhatikan, yakni: persiapan/perencanaan, pelaksanaan, dan kesimpulan.
Perlu diperhatikan, bahwa ceramah akan berhasil baik biladidukung/dibantu oleh metode-metode yang lain, misalnya: tanya jawab, tugas,latihan dan lain-lain.