Lihat ke Halaman Asli

Asing dari Singapura

Diperbarui: 23 Juni 2015   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kisah perjalanan ini berdasarkan bincang-bincang saya dengan teman yang baru datang dari Singapura. Saya bertanya, bagaimana asing (bedanya) Singapura dengan kota di Indonesia? Jawabnya, "Singapura itu bersih, tidak ada sampah berserakan, kecuali sedikit daun yang gugur. Itu pun, segera dibersihkan pihak kebersihan. Di sana, transportasi lancar, tidak macat dan tertib. Taxi yang kunaiki supirnya 'aki-aki' atau orang yang cukup tua. Rupunya, begitulah di Singapura orang tua diberdayakan jadi supir taxi. Karena, katanya, orang Singapura lebih suka kerja. Terus, kalau kita mau menyeberangi jalan tidak seperti di Indonesia bisa langsung nyolong, di Singapura rambu lalu lintas ketat dilakukan."

Bagaimana Anda perhatikan orang-orang di bandara, pelabuhan, atau dalam transportasi bus atau MRT? Dijawab, saya ke Singapura via kapal laut. Di pelabuhan Singapura, pemeriksaannya ketat. Tapi, tetap merasa aman karena tidak yakin ada jambret. Di bus atau kereta api, orang tidak begitu peduli dengan orang lain. Bahkan, kutatap beberapa penumpang masing-masing sibuk dengan Handphone. Sebelahku, kulirik dua penumpang muda, ternyata satu asyik nonton film Korea di ponselnya, yang satu lagi sibuk main game. Keduanya, dengan Handsets terpasang kedua telinga masing-masing.

Bagaimana hotel dan kulinernya? Di hotel sama seperti di Indonesia. Cuma, di Singapura kurasa terbatas memperoleh air. Sulitlah. Tidak segampang dan semubazir air di Indonesia. Makananya, kurang serasi dengan rasaku, terasa hambar -kurang bergaram kurasa.

Bagaimana di tempat rekreasi atau tempat wisata umum? Banyak yang menyenangkan, tapi kadang yang membuatku sedikit risih cara berbusana mereka yang agak transparan. Mungkin, itu bukan warga Singapura, tapi wisatawan. Mungkin juga, sebagiannya warga situ. Malahan, seorang temanku karena memerhatikan gaya berpakaian, membuatnya beberapa kali merunduk. Namun, juga, di S.E.A. Aquarium Singapura, kuperhatikan beberapa orangtua manula yang lumpuh didorong dengan kursi roda, yang mungkin oleh keluarganya atau mereka petugas yang diupahi? Kudengar-dengar, di Singapura, anak masih sangat menghormati orangtuanya.

Jadi, bagaimana perasaan Anda sepulang dari Singapura? Sangat menyenangkan, tuturnya. Memang, ini bukanlah kisah sekaliber Merry Riana yang mampu menaklukkan universitas Singapura, Technological University (NTU). Dengan usianya yang masih muda Merry telah menjadi milliader sukses dan motivator terkemuka Indonesia. Tapi, perjalanan siapa pun tetap menarik untuk didengar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline