Lihat ke Halaman Asli

Sinto

Journalist

Selesai Adakan Seleksi Calon Anggota, Bapera Pujut Siap Adakan Diklat Anggota

Diperbarui: 9 Juni 2021   10:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Poster Diklat Anggota Baru Bapera Pujut / dokpri

Barisan Pemuda Nusantara Kecamatan Pujut atau lebih dikenal dengan nama Bapera Pujut siap melaksanakan diklat anggota baru yang akan dilaksanakan di Taman Wisata Alam Gunung Tunaq Desa Mertak bertepatan dengan tanggal 19 - 20 Juni 2021. Diklat tersebut ditujukan bagi anggota baru yang telah selesai mengadakan interview yang diadakan tanggal 1 Juni 2021 bertempat di aula UPT Dikdas Kecamatan Pujut. 

Diklat tersebut merupakan diklat yang baru pertama kali diadakan oleh Bapera Pujut yang telah dipersiapkan dengan matang oleh Bapera Pujut dan tentunya dengan materi yang menarik dan bermanfaat guna  memberi wawasan baru kepada calon anggota. Sebelumnya seleksi interview calon anggota diikuti oleh ratusan calon anggota namun yang telah terjaring mengikuti interview sekitar 60 orang sehingga calon anggota yang tidak mengikuti interview dinyatakan tidak lolos seleksi.

Galih Yudiarsa selaku ketua panitia penyelenggara benar-benar selektif dalam hal penjaringan calon anggota baru bapera kecamatan Pujut. Kebijakan ini dibuat oleh panitia penyelenggara guna menjaring calon anggota yang benar-benar loyalitas dan mau mengabdi pada organisasi. Perlu diketahui bahwa Bapera merupakan organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan (OKP) yang berorientasi pada perjuangan serta pengabdian kepada masyarakat sehingga calon anggota baru diharapkan benar-benar ikhlas selama menjadi anggota Bapera. 

Setiap anggota Bapera tidak mendapatkan gaji ataupun imbalan lainnya karena tentunya yang diharapkan dari setiap anggota bapera adalah berjiwa relawan karena kedepannya program Bapera Pujut akan berfokus pada bidang sosial pengabdian masyarakat. Hal ini dipertegas oleh Sekjen Bapera Pujut Junaidi yang mengatakan bahwa “setiap anggota Bapera tidak mendapatkan gaji, bahkan operasional kegiatan Bapera kadang-kadang merupakan iuran dari setiap anggota Bapera”, Jelas Junaidi yang juga merupakan ketua pemuda Lentek Bersatu.

Anggota Bapera Pujut saat melakukan penyaluran di desa Sukadana / dokpri

Terkait program yang dijalankan Sri Anom Putra Sanjaya selaku ketua Bapera Pujut mengatakan bahwa selama ini Bapera Pujut terlibat aktif dalam berbagai program sosial kemasyarakatan. Bapera Pujut terlibat aktif dalam penyaluran sembako terhadap mereka yang membutuhkan utamanya para lansia dan masyarakat miskin. Bapera juga ikut berperan serta dalam pemyaluran bantuan terhadap salah satu warga yang terkena musibah kebakaran yang terletak di dasan Baru Ambon, Desa Gapura Kec. Pujut. Berbagai program sosial kemasyarakatan lainnya yang dilakukan oleh Bapera adalah melakukan galang donasi peduli palestina, Pembagian ta’jil berbuka puasa, penyaluran Qur’an Iqra’ dan lain sebagainya. Sri Anom yang juga merupakan ketua KTK Pujut juga getol dalam memperjuangkan hak pemuda pujut utamanya mengenai rekrutmen tenaga kerja Motogp Mandalika.

Penyaluran Langsung Bantua Al Qur'an oleh Ketua Bapera Pujut Sri Anom Putra Sanjaya / dokpri

Kedepan Bapera Pujut akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Pimpinan Nasional yang akan diselenggarakan di Kawasan KEK Mandalika Tepatnya Di Hotel Raja Mandalika Kuta Lombok pada akhir Juni 2021. Rapimnas tersebut akan di Hadiri oleh Seluruh Bapera Se-Indonesia termasuk Beberapa Menteri, Kapolri Sudah di pastikan datang dan juga Presiden Jokowi diusahakan untuk hadir. Adanya anggota baru bapera pujut ini diharapkan siap pasang badang untuk menyambut para tamu-tamu RAPIMNAS Perdana Bapera ini.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline