Lihat ke Halaman Asli

Guru: Tidak Hanya Sekadar Menyampaikan tetapi Harus Mahir Mengendalikan Perahu Kehidupan Kelas

Diperbarui: 8 Juli 2021   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi guru. Foto : Sintia Kartini Haniandaresta

Program pengajaran merupakan rencana pengajaran bagi pengajar atau pengajar untuk melaksanakan pengajaran. Agar pengajaran berjalan efektif dan efisien, maka harus dibuat suatu rencana pengajaran.

Awal evaluasi program ini saya mau tau apakah program ini sudah tercapai atau belum, apabila kualitas realisasinya belum berjalan dengan baik apa penyebabnya? 

Penilaian memiliki satu tujuan utama yaitu buat mengenali sukses tidaknya sesuatu program" Guru merupakan orang yang sangat berarti statusnya dala aktivitas belajar mengajar, sebab guru memegang tugas yang amat berarti, ialah mengendalikan serta mengemudikan aktivitas kelas. 

Buat membuat proses belajar mengajar lebih efisien hingga tugas guru merupakan menghasilkan atmosfer kelas yang kondusif buat pembelajaran. 

Oleh sebab itu penilaian program butuh dilaksanakan oleh guru dalam rangka mengenali seberapa jauh proram pengajaran sudah berlangsung ataupun terlaksana, serta bila terlaksana seberapa baik penerapan program tersebut.

Guru adalah orang yang paling penting dalam kegiatan mengajar, karena guru memikul tugas yang sangat penting, yaitu mengendalikan perahu kehidupan kelas. 

Siswa dapat belajar tanpa hambatan dan dapat menguasai materi yang diajarkan oleh guru dengan nilai yang baik. Jika hasilnya membuktikan bahwa skor tersebut tidak baik, guru akan ingin mengeksplorasi apa yang menyebabkan skor buruk tersebut. 

Jika guru tidak tahu apa yang harus dievaluasi dan bagaimana mengevaluasi prosedur, dia tidak akan dapat melakukan tugas menelusuri penyebab kinerja yang buruk. Agar dia bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan sempurna, dia harus mau belajar evaluasi program.

Untuk menjawab mengapa guru perlu melakukan evaluasi kurikulum, terlebih dahulu kita harus mengetahui siapa saja yang dapat melakukan kegiatan evaluasi kurikulum. bahwa orang yang melakukan evaluasi (evaluator) dalam kegiatan program dapat dilakukan orang-orang dari dalam luar (orang yang ikut terlibat di dalam kegiatan ), dan dapat pula orang dari luar ( orang yang tidak terlibat dalam kegiatan program). Masing-masing jenis evaluator program memiliki kelemahan :

  1. Evaluator dalam (internal evaluator) kemungkinan dapat dipengaruhi oleh keinginan untuk dapat dikatakan bahwa programnya berhasil.
  2. Evaluator luar (eksternal evaluator) karena evaluator tidak berkepentingan akan “nama baik” program, maka data yang terkumpul dapat lebih objektif.

Evaluator adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu; dalam mencari sesuatu tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi. Guru dapat dikategorikan sebagai evaluator dalam , guru adalah pelaksana sehingga mereka mengetahui betul apa yang terjadi didalam proses belajar- mengajar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline