Lihat ke Halaman Asli

Wallper - Future Development

Diperbarui: 29 Mei 2019   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

PENDAHULUAN

  • Latar Belakang

Saat ini tren gaya hidup minimalis sedang populer di kehidupan masyarakat khususnya di kalangan millenials. Gaya hidup ini dapat membantu seseorang untuk hidup lebih hemat dan memberikan banyak ruang. Berbagai cara untuk menerapkan gaya hidup minimalis salah satunya pada fashion. Aksesoris sebagai bagian dari fashion juga sangat penting bagi gaya hidup seseorang. Barang yang setiap orang pasti akan membawa kemanapun ia pergi adalah dompet. Semua orang pasti mempunyai dompet untuk menyimpan uang, kartu, dan struk belanja. Biasanya dompet memiliki bahan kulit dan juga kanvas. Dompet kulit menjadi produk yang disukai banyak orang karena modelnya yang klasik. Seringkali juga seseorang menyimpan banyak barang seperti struk belanja, kartu-kartu yang dapat membuat penggunaan dompet ini kurang efisien sehingga dompet menjadi tebal dan berat. Hal ini dapat menyebabkan beban di dalam tas maupun kantong celana bertambah dan juga memberikan ruang yang sempit. Selain itu juga terdapat beberapa kasus eksploitasi kulit hewan yang dapat digunakan untuk membuat produk-produk berbahan kulit yang salah satunya produk dompet.

Maka dari itu, terdapat inovasi baru yaitu dompet berbahan kertas yang tipis, ringan, dan juga kuat yang dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas.

  • Deskripsi Bisnis

 "Wallper"  yang berasal dari singkatan Wallet Paper merupakan dompet yang terbuat dari kertas tyvek  yang tipis, ringan, dan juga tahan air. Dompet ini berbobot sekitar 30gram yang tahan air dan tidak mudah sobek. Selain itu  Wallper juga memiliki berbagai macam desain yang unik.  Dengan desain yang simpel dompet kertas ini juga memiliki fungsi yang sama seperti dompet lainnya seperti slot kartu, slot uang kertas, slot kartu nama dan juga bisa memuat struk belanja. Dompet ini memiliki banyak slot dan tidak membuat dompet menjadi sangat tebal karena sudah didukung bahan dompet yang tipis dan ringan. Selain itu, dompet ini juga tahan air dan tidak mudah sobek karena menggunakan bahan yang berkualitas tinggi serta dapat di daur ulang. Produk ini sangat cocok bagi seseorang yang bergaya hidup minimalis , mempunyai banyak kartu dan tidak ingin dompetnya menjadi tebal karena akan timbul rasa tidak nyaman. Wallper memiliki dua jenis dompet yakni dompet kecil seperti dompet laki-laki dan juga dompet yang panjang seperti dompet perempuan. Selain itu, pembeli juga bisa  custom desain untuk dompetnya dengan hanya mengirimkan gambar kepada tim kami sesuai dengan syarat gambar yang ditentukan.

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Customer Segment

            Pelanggan merupakan inti dari sebuah model bisnis. Agar bisnis bisa terus berkembang dan bertahan dalam waktu yang lama. Maka kita harus dapat memuaskan pelanggan. Jenis segmen yang digunakan dalam produk Wallper ini adalah Mass Market di mana pasar massa tidak membedakan antar segmen-segmen pelanggan yang berbeda. Wallper juga berfokus pada satu kelompok besar dengan kebutuhan yang sama bagi setiap masyarakat yaitu memiliki dompet untuk menyimpan uang serta kartu.

Produk dompet dapat digunakan oleh semua usia. Namun berdasarkan desain dan bentuk dompet yang dibuat minimalis maka produk ini berfokus pada usia 15-25 tahun. Produk ini diperuntukan bagi millenials  yang saat ini sedang duduk dibangku sekolah maupun perguruan tinggi dan juga dapat digunakan oleh para pekerja yang berusia muda Produk ini juga ditargetkan bagi jenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang menyukai hidup minimalis yang bermobilitas tinggi. Pada segmentasi Geografis, produk dompet dari kertas ini ditujukan bagi mereka yang bertempat tinggal di daerah Jabodetabek, Hal ini dikarenakan masyarakat di wilayah metropolitan atau perkotaan lebih menyukai model yang minimalis. 

 Value Propositions

Pada elemen ini, produk Wallper memiliki beberapa keunggulan yang menjadi manfaat yang ditawarkan untuk konsumen. Brand kami memberikan 3 keunggulan untuk konsumen, yaitu Design, Simplicity (kesederhanaan), dan Good Quality

  • Design

Design sangat penting bagi suatu produk. Untuk memuaskan pelanggan, kami menghadirkan berbagai desain yang menarik bagi pembeli sehingga pembeli dapat memilih sendiri mana desain yang mereka sukai. Selain itu, pembeli juga bisa menentukan sendiri gambar yang diinginkan pada dompet mereka dengan mengirimkan desain kepada kami.

  • Simplicity
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline