Lihat ke Halaman Asli

rdsinta

Content writer

Superfood Ini Wajib Ada dalam Menu Harian Anda!

Diperbarui: 1 November 2023   10:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi superfood via unsplash.com 

Superfood merupakan sejumlah makanan yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Superfood ini mengandung kepadatan nutrisi yang tinggi atau mengandung jumlah vitamin, mineral dan antioksidan yang persentasenya signifikan dengan kalori yang rendah. Perlu diketahui bahwa superfood ini bukanlah 'obat untuk segala penyakit' tapi sebagai asupan nutrisi harian dengan diiringi konsumsi makanan sehat dan seimbang lainnya menjadikan superfood ini menjadi asupan yang perlu diperhitungkan bagi tubuh. Superfood ini tidak melulu tentang sayuran atau buah yang 'premium' tapi buah dan sayur lokal pun memberikan manfaat yang sama bagi asupan gizi sehari-hari, meminimalisir makanan olahan yang mengadung pengawet dan perasa buatan, membantu meningkatkan kesehatan tubuh apalagi bila diganti dengan superfood, menjadi lebih maksimal dan tubuh ikut berkontribusi menjaga tetap fit dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Superfood ini merupakan pintu masuk yang baik untuk memulai mengonsumsi makanan sehat. Namun pengolahan yang kurang tepat dengan ditambahkan bahan tambahan lain dapat mengurangi manfaat yang ada didalamnya jadi, pengolahan yang tepat dan diikuti dengan pola makan yang sehat pun menjadi kunci untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap dan dibutuhkan untuk tubuh dengan tetap memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi perharinya. Dengan kombinasi yang baik maka nutrisi yang didapatkan pun dapat memberikan banyak manfaat yang baik untuk mencegah dan menjaga kesehatan tubuh.

Superfood yang populer yaitu dari jenis berry-berry-an dimana kaya akan antioksidan, serat, vitamin, kalium yang berperan sebagai anti peradangan dan menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. 

Bawang putih pun masuk kedalam kelompok makanan superfood karena mampu mengurangi jumlah kolesterol dan tekanan darah walaupun penelitian menyebutkan jika hasilnya ingin mencapai  maksimal maka ada aturan dosis tersendiri saat memakannya. 

Kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran hijau, umbi-umbian, temu-temuan, produk hewani terutama salmon,tuna dan telur, produk susu dan lainnya seperti madu, rumput laut dan teh hijau pun masuk kedalam superfood ini. 

Sebenarnya jika dilihat dari pelabelan 'superfood' ini hanya memberi kesan untuk menamai makanan super supaya lebih terkesan sehat dan kaya akan manfaat dan dalam kenyataannya memang benar nutrisi yang didapatkan dari superfood ini lebih banyak dibanding makanan lainnya. 

Superfood ini kebanyakan tidak akan menyakiti anda karena kenyataannya manfaat yang didapatkan dari makanan super ini kebanyakan sangat sehat untuk tubuh anda. Jadi, dengan memperbanyak superfood ini bisa menganti makanan instan yang justru kurang baik jika diterapkan dalam pola kehidupan anda sehari-hari. Kualitas makanan yang baik dan tepat menentukan tubuh anda kedepannya. Jadi, yuk jaga pola makan anda dengan hidup lebih sehat dan pilihlah makanan yang mengandung banyak manfaat dengan pola konsumsi yang lebih teratur dan seimbang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline